Bantu Ketersediaan, PPC Salurkan Puluhan Kantong Darah

Foto: Dokumentasi For Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kebutuhan darah di kabupaten Cianjur semakin kesini kian meningkat. Kurangnya ketersediaan darah disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

Padahal donor darah itu memiliki sangat banyak manfaat. Selain sehat bagi tubuh, donor darah jelas-jelas bakal memberikan pahala baik di hadapan Allah SWT.

Paguyuban Peduli Cianjur (PPC) yang bekerjasama dengan salah satu supermarket di kota Tauco ini mengadakan donor darah, Sabtu (19/12).

Sekretaris Paguyuban Peduli Cianjur Wandi Ruswannur mengatakan, kegiatan bakti sosial donor darah ini dilaksanakan dalam rangka agenda rutinan. Aksi donor darah pun dinilai sebagai bentuk wujud kepedulian terhadap sesama manusia dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Bakti sosial ini kami agendakan rutin setiap 2-3 bulan sekali kerjasama antara Paguyuban Peduli Cianjur dan Kawan Baru sebagai salah satu wujud kepedulian nyata pada sesama,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Humas Supermarket, Heri Sulistyo mengatakan, bahwa bakti sosial donor darah ini sebagai bentuk kepedulian sosial dalam upaya membantu sesama. Karena setetes darah yang di sumbangkan akan sangat berarti serta bermanfaat bagi yang membutuhkanya.

“Terima kasih atas partisipasi para pendonor sekalian, karena dengan mendonorkan darah banyak manfaat yang dapat kita peroleh, tidak hanya menyelamatkan atau membantu orang lain, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh pendonor sendiri,” tuturnya.

Heri menambahkan, ada puluhan kantong darah yang disumbangkan pada donor darah kali ini.

“Semoga darah yang terkumpul dapat segera disalurkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan trasfusi darah,” ujarnya.

Salah seorang pendonor bernama Saema Hamidah (30) menuturkan, banyak manfaat yang didapatkan ketika telah berdonor. Diantaranya yakni bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Menurunkan kolesterol, resiko kanker, merawat kesehatan organ hati, menurunkan berat badan, serta mendeteksi penyakit serius.

“Termasuk bisa meningkatkan produksi darah, dan membantu mempercepat penyembuhan luka, mencegah penuaan dini, serta membuat pikiran lebih bahagia,” sambungnya. (dan)