Tak Lama Lagi Petani di Cibeber Bisa Atur Musim Tanam

Bendungan sungai Cikondang yang saat ini masih dalam tahap finising. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pebangunan irigasi di sungai Cikondang tak lama lagi akan segera selesai, para petani di sembilan desa di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, bisa kembali menggarap sawahnya.

Camat Cibeber Ali Akbar mengatakan, bendungan di sungai Cikondang dapat mengairi 1007 hektar sawah di sembilan Desa di Kecamatan Cibeber.

“Dua tahun lalu bendungan ini ambrol, petani di sehingga sembilan desa yang ada di Kecamatan Cibeber ini kesuliatan air untuk lahan pertanian,” kata Ali Minggu (20/12/2020).

Ali mengatakan saat ini pembangunan bendungan Cikondang sudah masuk tahap finising.

“Paling sekitar satu minggu lagi ini akan selesai,” ujar Ali

Menurut Ali, untuk pintu air irigasi masih dalam tahap uji coba, baru satu pintu yang sudah bisa dibuka dengan ukuran debit air 20 cm dari maksimal ukuran debit air 100 cm.

” Kedepannya ketika aliran irigasinya di hilir tidak menemukan kendala, air secara bertahap akan di naikan ukuran debitnya,” kata Ali.

Lanjut Ali dengan selesainya pembangunan bendungan sungai Cikondang, para petani bisa kembali menggarap sahwanya dan mengatur musim tanam.

“Saya ingin ucapkan terima kasih kepada Plt Bupati Cianjur bapak H.Herman Suherman Juga Gubernur Jawa Barat bapak Ridwan Kamil dan terutama kepada bapak Presiden Republik Indonesia bapak Ir.H Joko Widodo, yang telah merealisasikan pembangunan sungai Cikondang ini,” kata Ali. (dil)