Endang Setyawati Thohari Datang ke Cianjur Bagikan Benih Cabai dan Hewan Ternak

RADARCIANJUR.com – Anggota DPRRI Dapil 3 Jabar dari Fraksi Partai Gerindra DR. Ir. Hj Endang Setyawati Thohari. DESS, M.Sc sambangi Kabupaten Cianjur untuk bagikan hewan ternak dan bibit cabai di Cianjur.

Endang Setyawati Thohari mengatakan, pada reses kali ini, kepada kelompok Gede Harapan di Desa Gekbrong, menyerahkan secara simbolis bantuan Kementerian Pertanian RI melalui Aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI, kepada petani yang tersebar di Kabupaten Cianjur.

“Kawasan bawang senilai 200 juta rupiah untuk kelompok Gede Harapan dengan luas areal 10 hektar, dan dua kelopok seluas lima hektar dengan nilai bantuan masing-masing sebesar 100 juta,” kata Endang Selasa (22/12/2020)

Menurutnya, bantuan untuk kawasan cabai senilai 15 juta rupiah masing-masing, diberikan untuk delapan kelompok.

“Sedangkan bantuan untuk kawasan Hortikultura senilai masing-masing 150 juta rupiah untuk dua gapoktan,” ujarnya.

Endang mengatakan, selain memberikan bantuan kepada kelompok tani di Gekbrong, juga dilakukan peresmian program saluran irigasi di Desa Sukabakti Kecamatan Naringgul

“Program saluran irigasi untuk mendukung sarana pertanian, karena tanpa air yang cukup masyarakat tidak akan bisa bertani,” ujarnya.

Menurut Endang bantuan hewan ternak indukan sapi potong juga diberikan kepada warga di Cikalongkulon.

“Ini program Kementan RI, setiap kelompok mendapat 20 ekor sapi indukan, jadi total 60 ekor sapi indukan untuk tiga kelompok,” katanya

Lanjut Endang, masyarakat dan kelompok tani bisa mendapatkan beragam bantuan dari pemerintah pusat, asal melengkapi data secara resmi.

“Selama ada poktan dan terdaftar secara resmi, bisa mengusulkan program bantuan, sesuai dengan kebutuhannya dan keahlian masing-masing,” pungkasnya

Kades Gekbrong Dadang Hikmat mengatakan datangnya anggota DPRRI, DR. Ir. Hj Endang Setyawati Thohari. DESS, M.Sc merupakan momen penting bagi kemajuan Gekbrong di bidang pertanian terlebih ibu Endang merupakan Komisi IV yang membidangi pertanian dan lingkungan hidup.

Gekbrong ini merupakan kawasan pertanian hortikultura agro industri perlu disupport oleh kebijakan provinsi dan pusat,” kata Dadang

Menurutnya Ibu Endang berkomitmen membantu petani terkait program pertanian di antaranya akan membantu bibit sarana produksi pertanian dan lainnya, karena desa Gekbrong program utamanya desa wisata alam tentu ini diharapkan anggota DPR RI secara keseluruhan dapat membantu untuk mewujudkan destinasi wisata.

“Yang paling utama adalah permodalan dan bibit, di masa pandemi ini menjadi kendala untuk memasarkan hasil pertanian,” katanya.

(dil)