Arahan Urgen dari Presiden Jokowi untuk Risma

Tri Rismaharini

RADARCIANJUR.com – Tri Rismaharini baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Sosial (Mensos) mengamtikan Juliari Peter Batubara. Diketahui Juliari yang merupakan elite DPP PDIP itu ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus korupsi bantuan sosial (Bansos) Covid-19.

Risma mengatakan, arahan Presiden Jokowi untuk dirinya, pertama harus fokus terhadap pencairan bantuan sosial (bansos) Covid-19 kepada masyarakat kurang mampu.

“Yang diperintahkan oleh Bapak Presiden, yang pertama ini yang sangat urgen adalah bagaimana realisasi bantuan untuk yang triwulan IV dan nanti awal 2021 Januari, itu minggu pertama harus bisa keluar,” ujar Risma di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/12).

Wali Kota Surabaya dua periode ini juga menambahkan pihaknya juga akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan update data masyarakat yang menerima bansos tersebut.

“Karena ya memang pasti ada selisih, karena setipa hari jika diupdate pasti ada yang meninggal, pindah dan sebagainya,” katanya.

Risma mengharapkan bantauan yang diberikan oleh pemerintah ini bisa membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia ini.

Selain itu Risma juga Kementerian Sosial juga mengatasi dampak terburuk adanya kemarau panjang dan juga curah hujan yang tinggi sesuai dengan ramalan dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Karena di kemarau panjang dan curah hujan tinggi ini berpotensi munculkan kelaparan.

“Ini akan berimplikasi pada hasil-hasil produk pertanian atau yang lain sehingga itu yang harus diimbangi supaya tidak terjadi kelaparan,” pungkasnya.(jwp)