Jelang Nataru, Pemkab Cianjur Gelar Operasi Pasar

SIDAK: Pemerintah Kabupaten Cianjur bersama dinas-dinas terkait melakukan sidak harga sembako ke pasar besar jelang Natal dan tahun baru. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur melalui dinas-dinas terkait yang dibantu TNI-Polri menggelar operasi pasar jelang Natal dan tahun baru (Nataru) akhir 2020, Rabu (23/12/2020).

Assisten Daerah (Asda) 1 Pemkab Cianjur, Asep Suparman mengatakan, jelang libur nasional dan cuti bersama Nataru, Pemkab bersama para OPD terkait yang dibantu TNI Polri memonitor harga-harga sembilan kebutuhan pokok (Sembako) bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

“Kami memonitor dan memastikan harga berbagai jenis sembako apakah mengalami kenaikan atau tidak,” ujar Asep usai sidak di Pasar Rakyat Cipanas, Rabu (23/12).

Hasil yang didapat dalam operasi tersebut, Asep mengaku, ada beberapa yang mengalami kenaikan cukup signifikan, namun ada juga yang stabil. Tetapi yang terpenting menurutnya adalah bagaimana jenis seperti beras, minyak dan sebagainya tidak mengalami kenaikan drastis.

“Ada yang mengalami kenaikan seperti jenis cabe-cabean. Tapi untuk jenis beras dan daging-dagingan serta minyak harganya masih terbilang stabil,” kata dia.

Termasuk, lanjut Asep, dalam sidak kali ini pihaknya ingin memastikan juga pasokan sembako dari hulu ke hilir lancar. Sehingga Pemkab berharap, ketersediaan di libur panjang ini bisa aman terkendali.

“Beberapa harga yang naik itu diduga karena faktor cuaca, selain dari jelang libur panjang Nataru ini. Tapi para konsumen juga pasti bakal memahami hal itu,” imbuhnya

Kendati begitu, Asep memastikan jika harga kebutuhan pokok yang memang mengalami kenaikan itu, Pemkab akan mengevaluasinya. Sehingga tidak terua melambung dan memberatkan masyarakat yang hendak memenuhi kebutuhan di libur panjang ini.

“Intinya jangan sampai ada yang tersendat pasokan sembako itu. Baik kepada masyarakat maupun ke daerah-daerah lain. Kita bakal antisipasi hal itu, jangan sampai tidak lancar,” tegasnya. (dan)