Libur Panjang, Polres Cianjur Perketat Wisata Puncak

Anggota Polres Cianjur memeriksa kendaraan dari luar daerah yang masuk ke wilayah Kabupaten Cianjur pada libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021

CIANJUR – Memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021, Polres Cianjur dan sejumlah instansi terkait memperketat akses masuk ke Cianjur, khususnya kawasan Puncak.

Pasalnya, kawasan Puncak menjadi salah satu jujugan wisatawan asal lular daerah.

Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 klaster wisata dan libur panjang.

Sebab berdasarkan data Satgas Covid-19, kenaikan penambahan kasus selalu terjadi pasca libur panjang.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap semua kendaraan yang masuk ke Cianjur via Puncak.

“Jadi kita lakukan pemeriksaan kepada para pengunjung khususnya untuk luar kota,” ujar Kabag Ops Polres Cianjur AKP Muhammad Alan Haikel, Senin (28/12).

Untuk semua kendaraan dari luar daerah, diwajibkan mengantongi surat keterangan bebas Covid-19.

“Atau hasil rapid test antigen,” sambungnya.

Bagi pengendara yang tidak memiliki surat keterangan dimaksud, akan diputarbalikkan dan dihimbau untuk kembali ke wilayahnya masing-masing.

Langkah tegas petugas diambil agar kawasan wisata Puncak tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Sementara itu untuk masyarakat yang dari luar cianjur yang memiliki urusan yang sangat penting, Polres Cianjur beserta gugus tugas telah menyiapkan fasilitas rapid tes antigen gratis.

Pemeriksaan dan pengetatan ini akan dilakukan selama libur panjang.

“Jadi untuk rapid tes antigen disini kita nilai dulu kepentingannya, kalo misalkan sangat urgen kami telah menyediakan fasilitas rapid tes antigen,” pungkasnya.

Reporter: Dede Ginanjar/FJPP