Segera Tiba di Cianjur, Plt Bupati Jadi yang Pertama Divaksin

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Vaksin Covid-19 saat ini tengah dalam persiapan untuk disebarkan ke setiap daerah yang ada di Indonesia termasuk Kabupaten Cianjur. Namun, pendistribusian vaksin tersebut masih menanti keputusan dari Pemerintah Pusat. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzi mengatakan, tanggal 26 Desember 2020 sudah ada informasi dari pusat mengenai distribusi.

“Dari Nasional ke provinsi dan kita menunggu dari provinsi untuk pendistribusiannya,” ujarnya.

Untuk pengirimannya, ia menuturkan, kemungkinan puncaknya pada tanggal 22 Januari 2021. Namun mengenai pengiriman, pihaknya belum mengetahui secara pasti seperti apa teknis yang akan dilakukan oleh Provinsi Jawa Barat.

“Apakah akan langsung dikirim ke daerah terpilih yakni tujuh provinsi, kita masih menunggu instruksi pusat,” jelasnya.

Rencananya, dosis yang akan diberikan dan menjadi prioritas yakni tenaga kesehatan (nakes) dan personel yang membantu di bidang kesehatan sebanyak 5.000 dosis sebagai tahap pertama. Selanjutnya, pada tahap kedua sebanyak 1,8 juta dosis untuk TNI, Polri dan ASN yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Yang pertama memang tenaga kesehatan serta yang ada di lingkungan kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman sebagai kepala daerah di Kabupaten Cianjur akan menjadi orang pertama di Cianjur yang akan diberikan vaksin.

“Mungkin di Cianjur saya yang pertama divaksin,” singkatnya. (kim)