Tingkatkan Layanan pada Masyarakat di Masa Pandemi, Disdukcapil Cianjur Hadirkan Program Menyapa Masyarakat

PELAYANAN: Kadisdukcapil Cianjur, Munajat bersiap untuk melaksanakan zoom meeting bersama masyarakat.

RADARCIANJUR.com – Upaya lebih meningkatkan lagi pelayanan terhadap masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur hadirkan layanan tanya jawab dengan masyarakat.

Layanan tanya jawab bertajuk Menyapa Masyarakat itu dapat diikuti oleh semua kalangan masyarakat melalui aplikasi zoom meeting. Di mana pada kegiatan tersebut masyarakat bisa menanyakan seputar layanan yang ada di Disdukcapil, baik itu dalam pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta pelayanan lainnya di Disdukcapil.

Kadisdukcapil Cianjur, Munajat mengatakan, ini merupakan kegiatan yang digelar ke lima kalinya, di mana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Tujuan utama kita memberikan informasi maupun sosialisasi pada masyarakat terkait administrasi kependudukan, dikhawatirkan adanya miskomunikasi, sehingga dengan adanya layanan ini tidak adanya miskomunikasi, dan kita berharap mendapat informasi langsung dari warga seputar pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Cianjur khususnya,” katanya.

Selain itu, dengan adanya program Disdukcapil menyapa ini diharapkan masyarakat mengetahui tata cara administrasi. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi meminta bantuan pada orang lain untuk mengurus administrasi baik itu untuk mengurus KK, KTP serta lainnya.

Terlebih Disdukcapil pun menerbitkan aplikasi pelayanan secara online bernama Simpelaku (Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Administrasi Kependudukan Terpadu). Pada layanan online tersebut masyarakat tidak usah repot-repot pergi ke kantor Disdukcapil, terlebih di masa pandemi COVID-19 saat ini. Karena pada Simpelaku masyarakat bisa mendapatkan seputar layanan administrasi terkait KK, KTP, Kartu Identitas Anak, serta pelayanan lainnya.

“Sehingga adanya sejumlah program dan layanan diberikan Disdukcapil tersebut dapat mencegah adanya oknum percaloan maupun pelaku pungutan liar (pungli) pada masyarakat, sehingga masyarakat lebih aman dan nyaman,” ujarnya.

Munajat menambahkan, sementara ini Disdukcapil hanya melayani layanan secara langsung pada hari senin dan kamis saja, di hari itupun hanya melayani sejumlah masyarakat yang ingin melegalisir saja, yang biasanya mereka tersebut di kalangan ASN, maupun masyarakat yang memang darurat untuk mengurus BPJS, dan sisanya dilayani secara online.

“Sementara ini layanan online kuotanya terbatas yang hanya 750 pemohon saja, namun pada Tahun 2021 kita akan tingkatkan kuotanya menjadi 1.000 pemohon perharinya. Dengan program Disdukcapil Menyapa Masyarakat serta program Simpelaku tersebut, hambatan komunikasi yang terjadi antara masyarakat pelayanan Disdukcapil selama masa pandemi Covid-19 diharapkan bisa dikurangi, dan masyarakat pun terlayani dengan baik,” pungkasnya.(ndk)