Renggut Jutaan Nyawa, WHO Sebut Pandemi Covid-19 Belum yang Terparah

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Salah satu pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa meskipun pandemi virus Korona sudah membuat dunia porak-poranda, namun belum yang terparah di dunia. Sebab bisa jadi makin buruk di masa depan.

Kepala program keadaan darurat WHO Michael Ryan, mengatakan kata-kata yang mengejutkan. Lebih dari 1,7 juta orang di seluruh dunia telah meninggal tahun ini akibat Covid-19. Dengan lebih dari 81 juta kasus.

“Ancaman ini akan terus berlanjut,” kata Dr. Ryan seperti dilansir dari New York Times, Minggu (3/1).

“Kita perlu bersiap untuk sesuatu yang bahkan mungkin lebih parah di masa depan,” katanya.

Menurut dr. Ryan banyak kemajuan telah dibuat dalam meningkatkan pengendalian pandemi. Namun tetap saja hal itu harus dilakukan disiplin.

Dengan nada yang sama seriusnya, Ketua kelompok penasihat strategis dan teknis WHO untuk bahaya penyakit menular David Heymann, meramalkan bahwa SARS-CoV-2, virus Korona baru yang menyebabkan Covid-19, akan menjadi endemik, seperti manusia lainnya. Virus korona seperti SARS dan MERS yang telah menyebar dalam beberapa tahun terakhir.

Program vaksinasi virus korona, akan menjadi bagian integral dari menyelamatkan nyawa dan melindungi orang yang rentan. Pimpinan WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, berjanji pihaknya tidak akan berhenti sampai semua negara, memiliki akses mendapatkan vaksin dan terlindungi.(jwp)