Vaksin Covid-19 akan Disimpan di Gudang di Kawasan Pasirsembung, Target Awal 4.685 Tenaga Kesehatan Cianjur

RADARCIANJUR.com – Vaksin covid-19 akan disimpan di gudang farmasi di kawasan Jalan Cilaku dengan pengamanan ketat jika sudah sampai di Cianjur.

Satgas covid-19 Cianjur dr Yusman Faisal mengatakan, hingga saat ini Cianjur belum kedatangan vaksin. Kendati demikian Cianjur sudah bersiap jika kedatangan vaksin. Kesiapan dilakukan dengan mengadakan simulasi vaksinator di 47 Puskesmas.

“Sampai dengan saat ini Cianjur belum menerima vaksin, alokasinya tanggal 14 baru Bandung, Bogor, dan Depok. Cianjur persiapan sudah dilakukan di setiap Puskesmas dengan melakukan simulasi vaksinator, lalu seleksi screening apakah calon yang akan divaksinasi mempunyai penyakit penyerta atau tidak,” ujar Yusman di Dinkes Cianjur, Senin (4/1/2021).

Yusman mengatakan sasaran pertama vaksin adalah 4.685 tenaga kesehatan dan semua mengisi google form. Namun, kata Yusman sampai saat ini belum ada berapa jumlah yang input data.

Mereka yang akan divaksin pertama di antaranya 372 dokter, perawat 1776, dokter gigi 34, bidan nakes 107, kesling 55, tenaga gizi 81, dan farmasi 432.

“Target semua diharapkan selesai vaksinasi sampai April,” katanya.

Yusman mengatakan target warga Cianjur yang akan menerima vaksin sebanyak 1,6 juta, jika dikali dua dosis maka harus ada 3,2 juta vaksin. Akan dilakukan dua kali penyuntikan selang waktu 14 hari.

Lokasi penyuntikan akan dilakukan di rumah sakit dan 47 puskesmas.

Yusman mengatakan, rencana ada empat tahap penyuntikan tahap 1 dan tahap 2 selesai bulan April, selanjutnya tahap 3 dan 4 ke masyarakat yang berisiko.

“Tujuan vaksin memberikan kekebalan sehingga akhirnya akan membentuk kekebalan kelompok,” katanya.(dil)