Cianjur Tunda Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Kabupaten Cianjur belum mendapatkan distribusi vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Rencananya, vaksinasi akan dilakukan pada 12 Januari 2021.

Juru Bicara Pusat Informasi Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Cianjur akan ditunda beberapa saat.

“Sampai saat ini belum ada distribusi dari provinsi jadi vaksin masih sampai provinsi belum ke kabupaten kota tapi rencananya Cianjur belum masuk ke skema tanggal 12 (Januari, red) mungkin Cianjur delay lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada 12 Januari 2020 mendatang vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan di Bandung, Bogor, Bekasi dan Depok. Namun, ia mengatakan vaksinasi di Cianjur akan tetap digelar Januari 2021.

“Kemungkinan Januari tapi tidak tanggal 12 vaksinasinya kalau di Cianjur,” ungkapnya.

Lanjutnya, simulasi vakinasi Covid-19 sudah diwajibkan di seluruh puskesmas dan rumah sakit di Cianjur. Yusman pun menyebut, sebagian besar puskesmas dan rumah sakit sudah menggelar simulasi.

“Minggu depan juga akan ditinjau langsung oleh Dinkes provinsi untuk simulasi di puskesmas,” paparnya.

Tenaga kesehatan yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 di Cianjur sebanyak 4.685 orang. Vaksinasi pun akan dipusatkan di puskesmas dan rumah sakit.

“Nakes yang tercatat 4.685 nakes itu semua dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, penunjang kesehatan, nakes masyaraka, nakes lab, gizi dan lain-lain,” tutupnya. (kim)