Danrem 061/Suryakancana: Kawal Pendistribusian Vaksin

Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kancana, Brigjen TNI Achmad Fauzi (Depan) saat diwawancarai di Kodim Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kancana, Brigjen TNI Achmad Fauzi menyebut, bahwa TNI-Polri terlibat dalam penanganan gugus tugas Covid-19. Termasuk dalam hal pengawalan proses vaksinasi yang akan dilakukan kepada seluruh warga Indonesia nanti.

“Sesuai Inpres nomor 99 tahun 2020, bahwa intinya TNI Polri terlibat dalam pengamanan vaksin. Mulai dari pengiriman, pendistribusian sampai dengan proses vaksinasi dilakukan,” ujar Danrem saat diwawancarai di Kodim Cianjur beberapa waktu lalu.

Selain itu, kaitan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang tengah dilakukan di Januari ini, Danrem menuturkan, bahwa yang pertama akan menjali yakni diantaranya para petugas medis/kesehatan, kemudian TNI-Polri, Pemerintahan, hingga masyarakat pada umumnya.

“Jadi yang pertama dilakukan vaksin itu intinya warga yang dinyatakan sehat. Terutama pertama kali itu diperuntukkan untuk tenaga kesehatan, berikutnya adalah TNI Polri, hingga masyarakat pada gilirannya akan mendapatkan vaksin,” ujar Danrem.

Danrem pun mengintruksikan kepada seluruh Kodim yang ada di Korem 061/Suryakancana ini mesti mempersiapkan sedikitnya dua peleton. Baik itu di Kabupaten Bogor, kota Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi, termasuk kabupaten Cianjur.

“Kita siapkan masing-masing 2 peleton, dalam rangka pengamanan. Mulai dari pendistribusian pengamanan di tempat, sampai dengan pelaksanaan vaksinasi itu sendiri,” tegasnya.

Selain itu, Danrem pun mengingatkan kepada masyarakat pada umumnya, bahwa vaksin Covid yang nantinya akan dilakukan itu sudah dinyatakan aman dan telah melalui uji klinis atau medis. Termasuk sudah dinyatakan baik oleh BPOM.

“Jadi vaksin itu tidak ada yang mengandung pengaruh vaksin babi. Kalau ada isu tentang itu, saya tegaskan tidak benar,” kata Danrem. (dan)