Sepekan Lebih Pasca Libur Nataru, Hotel dan Restoran Masih Sepi

RADARCIANJUR.com – Lebih dari sepekan usai libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021 kemarin, tingkat hunian hotel dan restoran di kabupaten Cianjur masih terbilang sepi.

“Berdasarkan laporan yang diterima Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, tingkat hunian belum menunjukkan tanda-tanda peningkatan yang baik,” tutur Ketua PHRI BPC Cianjur, Nano Indrapraja saat dikonfirmasi radarcianjur.com, Minggu (10/1/2021).

Pihaknya mengaku, pasca tahun baru 2021 hingga saat ini di bulan Januari, tingkat hunian di tahun yang berbeda justru berbanding terbalik. Tahun lalu, terjadi lonjakan yang cukup jauh. Meski begitu, yang perlu diketahui bahwa fenomena di setiap awal tahun khususnya hotel dan restoran itu memang belum menunjukkan satu tingkat hunian yang begitu cukup baik.

“Tetapi kami para pelaku pariwisata khususnya hotel dan restoran secara penyusunan budget sudah ditetapkan di bulan-bulan awal setiap tahunnya,” kata dia.

Selain itu, Nano menyebut, perkiraan peningkatan di tahun ini untuk selanjutnya tidak akan begitu besar. Bahkan di tahun-tahun sebelum Covid-19 pun hanya dikisaran 30%. Bahkan ‘man to date’ saja sudah bagus.

“Kami tetap akan menjalankan roda perekonomian pariwisata khususnya di kabupaten Cianjur dengan segala tantangan dan rintangan,” kata dia.

Selain itu, lanjut Nano, sisi efisiensi para pelaku usaha hotel akan dikedepankan. Dengan tetap berhubungan baik bersama pemerintahan khususnya pemerintahan daerah kabupaten Cianjur.

“Berkomunikasi yang baik tentu itu jalan keluarnya,” tutupnya. (dan)