Dishub-Satlantas Polres Cianjur Amankan Kendaraan Wara Wiri

DIAMANKAN: Kendaraan odong-odong atau wara wiri dilarang beroperasi di jalan protokol. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bersama dengan Satlantas Polres Cianjur dan Subdenpom Cianjur melakukan operasi terhadap kendaraan wara wiri. Sebelumnya, Dishub Kabupaten Cianjur sudah melakukan pemantauan semenjak bulan Desember 2020.

Operasi tersebut dikarenakan kendaraan wara wiri tersebut sudah beroperasi di jalan protokol. Beberapa kali sempat terpantau di CCTV Dishub Kabupaten Cianjur.

“Kemarin sore kami bekerjasama dengan petugas dari satlantas polres Cianjur, Denpom dan Satgas Covid-19 melakukan penindakan terhadap kendaraan odong-odong atau wara Wiri yang masih bandel beroperasi, kendaraan wara wiri ini sudah tidak standar sehingga tidak aman dan selamat bila membawa penumpang yg berlebihan,” ujar Kabid Angkutan Umum Dishub Kabupaten Cianjur, Hendra Wira.

Lanjutnya, apabila beroperasi dijalan raya maka melanggar UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, hanya kendaraan yang laik jalan boleh beroperasi di jalan raya dan apabila menaikkan penumpang umum maka harus memenuhi standar pelayanan minimal angkutan umum.

“Kebanyakan kendaraan ini sudah dimodifikasi dan kurang memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan penumpangnya,” tuturnya.

Sementara itu, Enang (64) supir wara wiri mengungkapkan, dirinya baru lima bulan menjadi supir wara wiri. Sebelumnya, dirinya mengendarai angkutan kota (angkot).

“Dampak Covid-19, jadi supir wara wiri. Karena pendapatannya kurang,” terangnya.

Kendaraan wara wiri yang dibawanya bukan merupakan miliknya. Melainkan kendaraan orang lain dan dirinya tetap melakukan setoran.

“Ada setoran ke yang punya. Kalau pendapatan biasanya Rp150-Rp200 ribu,” jelas warga Kampung Cisaat Desa Bojong Kecamatan Karangtengah ini. (kim)