Belum Ada Regulasi untuk Delman di Cianjur

TERKAPAR: Sempat viral mengenai kuda yang menarik delman dan terjatuh di Cianjur. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Kejadian kuda yang menarik delman menjadi perhatian banyak pihak. Bahkan, video yang diunggah di media sosial viral dimana-mana. Tentu berbagai pihak memberikan beragam komentar.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kabupaten Cianjur, Hendra Wira menjelaskan, delman termasuk pada angkutan tidak bermotor. Akan tetapi, belum ada regulasi mengenai pemeriksaan kelayakan jalan terhadap kuda penarik delman.

“Delman masuk pada angkutan tidak bermotor, masuk ke transportasi. Itu gak ada (uji kelayakan, red), kalau dulu didata dan ada ketua paguyubannya (bisa diuji, red),” ujarnya.

Hendra mengungkapkan, pihaknya mengakui lalai dalam mengawasi kelayakan delman. Terlebih setelah adanya kejadian kuda penarik delman yang jatuh hingga terkapar di Cianjur.

“Kita juga lose untuk mengawasinya, terus terang di Dishub Cianjur belum memiliki data pasti untuk delman ini,” terangnya.

Menanggapi hal ini, lanjutnya, Dishub Cianjur akan melakukan tindakan persuasif kepada para pemilik delman untuk memperhatikan kesehatan dan perawatan kuda.

“Mungkin ditempuh secara persuasif ke para pemilik delman, karena kalau dilihat kudanya kurus-kurus dan akan diarahkan untuk diberi makan yang layak serta perawatannya harus diperhatikan,” jelasnya. (kim)