Monyet Gunung Gede Pangrango Turun Gunung

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Diduga kurangnya pasokan makanan di hutan, komplotan monyet ekor panjang di sekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) wilayah Cianjur, turun ke pemukiman warga sejak beberapa hari ini.

Kawanan monyet tersebut pun mendatangi ke ruas jalan Pancawati dan Tapos, kaki Gunung Pangrango untuk mendapatkan makanan.

“Kejadian tersebut memang benar dan sudah beberapa kali terjadi,” ujar Humas Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Poppy Evlap saat dikonfirmasi radarcianjur.com, Jum’at (15/1/2021).

Monyet-monyet pun kemungkinan terbiasa diberi makan manusia di tempat-tempat yang sering adanya manusia.

“Sebetulnya ini yang menjadi fokus TNGGP dalam mitigasi konflik satwa di wilayah tersebut,” kata dia.

Kendati begitu, pihaknya pun selalu melakukan penggalian informasi atas kejadian yang mungkin sering terjadi itu.

“Para petugas TNGGP sebetulnya rutin melakukan penggalian info atas kejadian gangguan konflik satwa yang diantaranya monyet-monyet itu,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya pun akan terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat dan pengunjung di lokasi-lokasi yang memang sering didatangi komplotan monyet liar yang berasal dari TNGGP.

“Kami sering melaksanakan patroli dan penjagaan rutin di tempat-tempat yang diindikasikan sering ada monyet pengganggu itu,” pungkasnya. (dan)

Sebelumnya juga beredar informasi jika kawanan hewan liar mulai masuk ke ruas Jalan Pancawati dan Tapos di kawasan Kaki Gunung Gede Pangrango yang masuk wilayah Kabupaten Bogor. Kerumunan monyet sempat mengganggu wisatawan di kawasan tersebut.(dan/net)