Sambut Vaksin, Cianjur Perlu Penambahan Lemari Pendingin

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur saat ini masih menanti kedatangan vaksin yang akan didistribusikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Namun, hingga saat ini Kabupaten Cianjur belum masuk dalam tujuh kabupaten dan kota pelaksanaan vaksinasi pada tanggal 14 Januari 2021.

“Cianjur belum masuk dalam pelaksanaan vaksinasi di tanggal 14 ini, sama seperti tujuh kabupaten dan kota yang salah satunya Cianjur,” ujar Juru Bicara Pusat Informasi Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal.

Mengenai kepastian tanggalnya, pihaknya belum mendapatkan informasi tersebut. Pihaknya pun masih menunggu.

“Belum ada tanggal pastinya,” singkatnya.

Sementara penempatan vaksin, harus berada di tempat dengan pendingin. Saat ini, untuk tenaga kesehatan dan pelayan publik sudah ada. Namun untuk masyarakat, harus ada penambahan lemari pendingin.

“Untuk nakes dan pelayan publik itu insya allah masih bisa, tapi untuk masyarakat harus ada penambahan,” jelasnya.

Saat ini lemari pendingin di sejumlah rumah sakit dan 47 puskesmas sudah ada. Hanya saja, lemari pendingin tersebut sebelumnya digunakan untuk imunisasi dasar.

“Sebelumnya kan itu untuk imunisasi dasar, saat ini kan dipake untuk vaksin Covid. Makanya perlu penambahan, agar saat dua vaksin itu datang tidak kewalahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, vaksin diperkirakan dalam waktu dekat akan ada di Cianjur dan yang akan menerima pertama kali tenaga kesehatan sebanyak 10 ribu vaksin.

“Vaksin insya allah dalam waktu dekat akan tiba di Cianjur, yang pertama 10.000 vaksin untuk tenaga kesehatan dan Forkopimda siap untuk turut divaksin juga,” singkatnya. (kim)