Evakuasi Bangunan Ponpes Berjalan Alot, Petugas Gabungan Gunakan Alat Seadanya

EVAKUASI: Petugas gabungan dari BPBD, TNI-Polri, Tagana, Pramuka, PMI serta sejumlah relawan bahu membahu mengevakuasi puing-puing runtuhnya bangunan. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur Jawa Barat

RADARCIANJUR.com – Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI-Polri, Tagana, Pramuka, PMI serta sejumlah relawan bahu membahu mengevakuasi puing-puing runtuhnya bangunan pondok pesantren (Ponpes) di Kampung Loji, Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, Cianjur, Minggu (17/1/2021).

“Jadi untuk hari ini evakuasi dilakukan secara manual. Kebetulan kendaraan berat sedang meluncur ke sini dari PUPR dan untuk pengerjaan ini mudah-mudahan hari ini bisa selesai serta tak ada lagi korban. Termasuk cuaca pun mendukung tidak hujan,” ujar Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Cianjur, Muhammad Wahyu kepada radarcianjur.com di lokasi kejadian, Minggu (17/1/2021).

BACA JUGA : Bangunan Pesantren di Batulawang Cipanas Ambruk Timpa Belasan Santri

Adapun para santri yang terdampak dan menjadi korban musibah tersebut, hampir semuanya kini telah bisa pulang. Namun beberapa masih ada yang dirawat intensif.

“Alhamdulillah mereka sudah kembali lagi ke pondok pesantren, dan ada juga yang kembali ke rumah masing-masing,” ujarnya.

Wahyu menambahkan, kini untuk aktivitas Pesantren sendiri dihentikan sementara, mengingat masih dalam trauma dan evakuasi bangunan.

BACA JUGA : Kapolsek Pacet Beberkan Kronologis Robohnya Ponpes Al Madaroh Cipanas 

“Mudah-mudahan evakuasi ini berjalan lancar tanpa hambatan. Semuanya bisa kembali baik lagi,” tukasnya. (dan)