Resmi! PSSI Batalkan Liga 1 & Liga 2 2020

RADARIANJUR.com – Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 resmi dibatalkan. Hal tersebut setelah PSSI sebagai federasi sepakbola nasional tersebut menggelar rapat komite eksekutif (Exco), Rabu (20/1).

Dalam rapat tersebut tak hanya mengeluarkan soal Liga 1 dan Liga 2 dibatalkan. Ada sejumlah keputusan lainnya mulai dari tidak ada klub yang menjadi juara dan terdegradasi.

Kemudian, peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020. Lalu terakhir kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

”Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasanya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan,” kata ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip laman resmi federasi.

Iriawan menjelaskan keputusan tersebut juga sudah mempertimbangkan masukan dari klub. Beberapa hari lalu PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, menggelar pertemuan secara virtual dengan seluruh kontestan.

Mayoritas klub meminta Liga 1 2020 tidak perlu dilanjutkan. Para kesebelasan tersebut merasa lebih baik PSSI dan PT LIB, fokus untuk menyiapkan kompetisi di musim baru.

”PT LIB sudah mempresentasikan alasan kenapa liga tidak diizinkan, termasuk surat permohonan izin dan berbagai upaya yang sudah dilakukan termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi/pejabat terkait,” ujar sosok yang karib disapa Iwan Bule tersebut.

Liga 1 2020 sempat berjalan selama tiga pekan. Namun, PSSI memutuskan menghentikannya pada pertengahan Maret tahun lalu, karena pandemi virus corona melanda Tanah Air.

Sebelum Liga 1 dihentikan, Persib Bandung menunjukkan performa gemilang. Klub kesayangan Bobotoh tersebut menjadi satu-satunya kontestan yang mampu menyapu bersih kemenangan.

Persib mengalahkan Persela Lamongan tiga gol tanpa balas. Kemudian menekuk Arema FC dan PSS Sleman, dengan skor identik 2-1.

Raihan tersebut membuat Persib berhak menduduki posisi puncak klasemen. Juara Piala Presiden 2015 itu unggul dua angka dari Bali United yang berada tepat di bawahnya mengoleksi tujuh poin.(goal)