Sah Melalui Pleno, BHSM Tunggu Pelantikan, Siapkan Program Unggulan 100 Hari Kerja

SIAP DILANTIK: Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman-TB Mulyana menunggu pelantikan. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Rapat pleno terbuka telah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur di Hotel Gino Feruci, Kamis (21/1).

Turut dihadir pada rapat pleno tersebut Ketua DPRD Cianjur, Ganjar Ramadan, Kepala Kesbangpol Cianjur, Dadan Ginanjar, serta pejabat lainnya.

Namun dari seluruh tamu undangan, kandidat nomor urut dua dan empat tidak menghadiri rapat pleno tersebut. Hanya kandidat nomor urut satu dan Bupati serta Wakil Bupati Cianjur terpilih dari seluruh kandidat yang ada di lokasi.

Ketua KPU Cianjur, Selly Nurdinah mengatakan, pihaknya bisa menggelar rapat pleno tersebut setelah rekapitulasi tingkat kabupaten dan menunggu adanya aduan dari paslon lain ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Tapi alhamdulillah sampai batas waktu yang ditentukan tidak ada gugatan atau permohonan untuk perselisihan ke MK,” ujarnya.

Lanjut Selly, sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020, rapat pleno bisa dilaksanakan maksimal lima hari setelah MK memberikan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) ke KPU RI.

“Kemudian ditindaklanjuti ke kabupaten kota maka kita sudah dapat melaksaakan rapat pleno,” ungkapnya.

Selanjutnya, KPU Kabupaten Cianjur akan mengusulkan ke DPRD Kabupaten Cianjur satu hari setelah pleno.

“Kita memberikan usulan ke dewan mengenai pengangkatan atau pengesahan kepala daerah terpilih untuk nantinya disampaikan ke menteri melalui gubernur,” paparnya.

Setelah semua lengkap, maka akan dilakukan pelantikan yang ditentukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Barat.

Mengenai ketidak hadiran sejumlah kandidat, pihaknya sudah memberikan undangan ke setiap kandidat.

“Sudah kita undang, bahkan partai politik juga. Tadi pun sudah kita tunggu dan disampaikan kepada peserta rapat pleno, akhirnya dilanjutkan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Cianjur terpilih, Herman Suherman mengungkapkan, di 100 hari kerja, dirinya bersama Wakil Bupati Cianjur terpilih, TB Mulyana akan melaksanakan lima program unggulan.

“Terutama pelayanan kepada masyarakat Cianjur, harus dipersiapkan, dengan artian tidak mengurangi kinerja yang sekarang,” ungkapnya.

Namun pihaknya masih menanti direalisasikannya program unggulan tersebut setelah dilantik.

Program unggulan tersebut yakni 1.000 kilometer jalan beton, peningkatan ekonomi, keagamaan, Cianjur Caang dan sektor pertanian. (kim)