ACT Cianjur Dirikan Posko Informasi dan Penggalangan Donasi, Ini Alamatnya

BERGERAK: Tim relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) selalu hadir dalam setiap bencana untuk membantu para penyintas. Selain itu juga aktif mengirimkan bantuan atau donasi dari masyarakat untuk disalurkan ke seluruh daerah yang mengalami bencana.

RADARCIANJUR.com -Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cianjur mendirikan Posko Informasi dan Penggalangan Donasi Bencana di kantor ACT Cianjur, Jalan Pasir Gede Raya RT 002 RW 021, Kelurahan Bojongherang, Kecamatan Cianjur.

Kepala Cabang ACT Cianjur, Heru Budiyanto berharap, posko tersebut bisa memudahkan masyarakat di Cianjur mendermakan bantuannya untuk korban terdampak bencana di Indonesia.

”Mulai dari tanah longsor Sumedang, gempa bumi Majene Sulbar, dan banjir bandang Kalimantan Selatan,” ujarnya, Jumat (22/1).

Bantuan yang diterima beragam. Bisa berupa paket sembako, pakaian layak pakai, atau cash donation yang nantinya akan disalurkan langsung ke tempat bencana melalui cabang ACT di daerah yang terdampak.

”Posko ini juga memfasilitasi masyarakat terkait update informasi bencana yang terjadi, sehingga dapat memetakan sekiranya bantuan apa saja yang dibutuhkan dan yang paling menjadi prioritas utama di daerah bencana,” tuturnya.

Heru menyampaikan, ACT yang berpusat di menara 165 juga akan segera melayarkan kapal kemanusiaan untuk merespons bencana alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

”Yang dibutuhkan saudara-saudara kita di lokasi bencana tersebut ternyata tidak hanya pangan, tapi kebutuhan medis dan logistik di fase sekarang ini,” jelasnya.

ACT juga akan melayarkan Lumbung Peduli Kapal Kemanusiaan untuk untuk memudahkan masyarakat dalam menyalurkan bantuan. Rencananya, juga akan dikirimkan relawan-relawan yang bisa langsung beraksi di lokasi bencana seluruh Indonesia.

”Hal ini sejalan dengan rencana ACT yang akan menjadikan sebanyak 63 cabang ACT di 34 provinsi menjadi posko induk nasional selama bencana ini,” tambahnya.
Hingga saat ini, untuk bantuan bencana di Sulawesi Barat, ACT telah melakukan pengiriman bantuan sebanyak 10 truk dengan total 10 ton bantuan tiap armada untuk para pengungsi yang berjumlah sekira 15 ribu jiwa.

Mengingat banyaknya jumlah pengungsi, pihaknya berharap masyarakat Cianjur peduli dan berdonasi dalam gerakan ’Bersama Selamatkan Bangsa’ dan memberikan bantuannya untuk penyediaan bantuan pokok, medis dan lainnya.

”Direncanakan Kapal Kemanusiaan akan berlayar dari tiga titik, yaitu dari Sumatra, Jawa Timur, dan Jakarta,” tambah Heru.

Pada tahun-tahun sebelumnya, sebagai program unggulan ACT, Kapal Kemanusiaan pernah mengirimkan bantuan untuk warga terdampak gempa Lombok, Palu, Sigi, dan Donggala, musibah kelaparan di Papua, bahkan bantuan ke Palestina, Bangladesh (Rohingya), hingga ke Somalia.

Hingga saat ini, sekitar 300.000 relawan ACT terus bergerak membantu para penyintas bencana dengan melakukan beragam aksi yang dibutuhkan. Tentu, aksi tersebut tidak dapat dilakukan sendirian.

”Kami butuh doa dan dukungan terbaik masyarakat. Mari bergerak bersama selamatkan bangsa, bantu para penyintas bencana dengan sedekah terbaik,” ajaknya.

Di Cianjur Sendiri ACT sudah mendistribusikan beras gratis untuk kaum dhuafa dan keluarga pra sejahtera, juga untuk santri pondok pesantren Al Madoroh Kampung Loji., Desa Batulawang, Cipanas.

”Untuk info lebih lanjut dapat datang langsung ke kantor ACT Cianjur,” tandasnya.(ars)