Anggota DPR RI Komisi VIII Salurkan Bantuan Logistik Respon Bencana ke Cianjur

SALURKAN: Kementerian Sosial melalui Anggota DPR RI Diah Pitaloka dan empat rekan lainnya tengah menyalurkan bantuan beberapa logistik respon bencana di Kabupaten Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kementerian Sosial melalui Komisi VIII DPR RI menyalurkan bantuan sebesar Rp 123.547.520 berupa paket logistik respon bencana di Kabupaten Cianjur, Kamis (21/1/2021).

Dalam pelaksanaannya, turut hadir sejumlah Anggota Komisi VIII DPR RI lainnya, perwakilan Kementerian Sosial RI, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dinas Sosial Cianjur, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan para relawan tanggung bencana Cianjur.

“Bantuan ini sifatnya lebih ke respon darurat misalnya matras, makanan bayi, perlengkapan bayi dan makanan siap saji,” kata Diah kepada radarcianjur.com, Kamis (21/1).

Bantuan tersebut menurut Politisi PDIP itu, disiapkan sebagai buffer stock. Karena anggaran di Cianjur itu ternyata memang sangat rendah.

“Di Cianjur itu baru Rp 120 juta pertahun untuk kebencanaan. Sementara sebetulnya semangat relawannya sendiri kita lihat sudah bagus. Tapi jika tanpa didukung bantuan dari pusat berarti penanganan kebencanaan masih dinilai lemah. Makanya kita ingin tingkatkan itu,” tuturnya.

Termasuk, Diah mengatakan, pelaksanaan bantuan ini pun sekaligus melakukan kunjungan kerja Komisi VIII DPR RI mengenai penanggulangan bencana khususnya di kabupaten Cianjur, yang berlangsung di Dinas Sosial.

“Karena kami di DPR sedang menyusun undang-undang kebencanaan, sehingga kita juga menjalankan kunjungan spesifik ke wilayah kabupaten Cianjur, sekaligus menyalurkan bantuan logistik tadi,” pungkasnya. (dan)