Manfaatkan Lahan yang Ada, Desa Bojongkasih Kembangkan Tanaman Obat Keluarga

BANGUN DESA: Potensi desa bisa menjadi salah satu pendorong ekonomi masyarakat dalam memanfaatkan alam sekitar. (Foto Patriot Desa For Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Sebagai salah satu program pembangunan desa, Patriot Desa yang digagas oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengemban misi khusus di setiap desa yang ada di Jawa Barat. Kabupaten Cianjur salah satu daerah penugasan Patriot Desa untuk memajukan dan mengembangkan potensi.

Di Desa Bojongkasih Kecamatan Kadupandak, tengah mengembangkan tanaman obat keluarga (Toga) degan program yang digagas yakni saban pipir dipiara (Sapira) yang mengandalkan halaman sekitar untuk menanam tanaman obat.

Patriot Desa Bojongkasih, Asep Erwin mengatakan, setiap desa memiliki potensi yang berbeda. Seperti di Bojongkasih yang mengandalkan tanaman sebagai salah satu potensi yang bisa bernilai ekonomi.

“Tanaman yang di tanam itu bisa berupa sayuran seperti tomat, sawi, kangkung dan yang lainnya. Untuk TOGA sendiri bisa menanam jahe, kunyit, kencur samapai serai,” ujarnya.

Lanjutnya, tujuan tersebut bisa menjadikan masyarakat yang berdaya. Masyarakat berdaya adalah masyarakat yang mampu memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya sebagai wahana untuk menghasilkan produk dan jasa yang menghasilkan manfaat sosial dan ekonomi, serta mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya melalui kemampuannya memanfaatkan potensi dirinya dan potensi yang ada di sekelilingnya termasuk sumber daya alam.

“Selain itu mengajak masyarakat desa untuk berdaya itu adalah agar masyarakat desa mampu berwirausaha secara mandiri dan berdaya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bojongkasih, Dadi Anwar mengungkapkan sangat berterimakasih atas program yang dihadirkan Patriot Desa dalam membantu masyarakat menggali potensi yang ada.

“Kami berterimakasih kepada Patriot Desa dengan kehadirannya ke desa Bojongkasih karena bisa menginspirasi anak muda untuk mau kerja membangun desa dan berdikari di tanah kelahiran sendiri” paparnya.

Pihaknya sangat mendukung apa yang dilakukan Patriot Desa dan akan memfasilitasi kegiatan dengan memerintahkan semua elemen masyarakat dari mulai perangkat desa, Rw sampai tingkat Rt untuk mengerahkan warganya dalam kegiatan ini, karena sejatinya sangat bermanfaat terutama dalam masa pandemi sekarang. Minimal masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, kalau jumlahnya lebih mungkin bisa dijual.

Selain itu pemuda didorong untuk lebih aktif dalam membangun dan memajukan desa, karena kunci dari pemuda adalah kreativitas dan inovasi. Pemuda diharapkan terus menggali kreativitasnya tanpa batas. Selain itu harus ada sinergi antara masyarakat dan pemerintah, masyarakat membangun gotong royong dan pemerintah memfasilitasi. (kim)