10 Ribu Vaksin Covid-19 Akan Tiba di Cianjur

Petugas menurukan kardus berisi Vaksin Covid-19 Sinovac. . (Alfian Rizal/Jawa Pos)

RADARCIANJUR.com – Kabupaten Cianjur akan kedatangan vaksin Sinovac pada hari Rabu (27/1) dan proses vaksinasi kemungkinan akan segera dilakukan di Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut dibenarkan oleh Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal. Ia menjelaskan, vaksin Covid-19 akan disimpan di Gudang Farmasi Pasirsembung, Cilaku, Cianjur.

“Yang akan datang 10 ribu dosis. Kita bagi dua dulu, karena 10 ribu itu untuk dua kali penyuntikan. Lima ribu yang akan kita distribusikan baik itu ke rumah sakit atau puskesmas maupun klinik swasta yang sudah di SK kan oleh Dinkes, sisanya itu untuk pengulangan dosis,” ujarnya.

Yusman menjelaskan, pengulangan dosis diperlukan atas arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Pasalnua, Vaksin Sinovac tidak bisa diselang-seling dengan vaksin Covid-19 jenis lain.

“Karena dari kementerian itu vaksin Sinovac itu tidak boleh diselang-seling dengan vaksin lain makanya kita bagi dua. Kita akan didstribusikan lima ribu dulu, baru minggu depan lima ribu lagi,” ungkapnya.

Selain itu, ia belum mengetahui perihal waktu tibanya vaksin Covid-19 akan datang ke Cianjur. Maka, kemungkinan pelaksanaan vaksinasi akan digelar pada Kamis (28/1).

“Tahap pertama, ada 10 relawan dan pejabat non nakes dan lima ribu untuk nakes. Hari ini juga kita akan matangkan kembali, karena rencananya itu di pendopo. Kita akan lihat tempatnya saat ini juga,” paparnya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Cianjur untuk berpartisipasi pada vaksinasi ini.

“Vaksin ini sudah dijamin keamanan dan efekiasinya jadi saya mengimbau keppada semua lapisan baik nakes atau masyarakat pada umumnya agar berpartisipasi dan mau divaksin ddengan tujuan untuk membentuk herd immunity,” tutupnya. (kim)