Dua Pekan AKB Plus di Cianjur, Kawasan ODTW Cibodas Terpuruk

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR WISATA: Kawasan objek wisata Cibodas depan pintu masuk retribusi.

RADARCIANJUR.com – Menginjak dua pekan pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) plus dan penjagaan di perbatasan oleh pemerintah kabupaten Cianjur, ternyata sangat berdampak terhadap sektor pariwisata.

Tak hanya adanya penurunan pengunjung ke objek daerah tujuan wisata (ODTW), namun imbas tersebut juga ikut terpuruk kepada para pedagang dan bisnis di kawasan ODTW khususnya di Cibodas, Cipanas, Cianjur.

“Dengan posisi saat ini untuk pengunjung kawasan wisata Cibodas derastis sekali turunnya kang. Kurang lebih 85 persen lebih penurunannya. Kasihan perekonomian warga yang ada di kawasan ODTW Cibodas sangat terpuruk,” tutur Pengelola Kawasan ODTW Cibodas, Adih Saputra kepada radarcianjur.com, Minggu (25/1/2021).

Dirinya menyebut, penurunannya saat ini dirasa hingga 85% setiap hari. Kadang bisa mencapai 90% untuk pengunjung kawasan wisata Cibodas. Bagi pengelola sendiri, menurut Kapten, biasa ia disapa mengatakan, tidak bisa berbuat banyak untuk menanggulangi hal tersebut.

“Kita gak bisa ngapa-ngapain kang, karena mengikuti aturan pemerintah. Tapi di sisi lain dari pemerintah sendiri juga belum ada imbauan atau hal yang bisa mendongkrak kembali di ODTW Cibodas ini. Khawatir warga masyarakat perekonomiannya sangat terpuruk,” kata dia.

Pengelola dan para pelaku usaha di kawasan ODTW sangat berharap, secepat mungkin jalur- jalur wisata kembali dibuka seperti semula. Sehingga wisatawan yang akan masuk ke kawasan Cibodas bisa ramai lagi.

“Mudah-mudahan harapan kami dan mewakili para pedagang, secepat mungkin lah dibuka jalur-jalur pariwisata dan diperlancar lagi supaya tidak berlarut kondisi seperti ini. Agar perekonomian di masyarakat khususnya yang ada di Cibodas pun bisa kembali menggeliat,” pungkasnya. (dan)