Monyet Ganggu Warga Kampung Tipar Limbangansari, Damkar Cianjur Turun Tangan

DIEVAKUASI: Monyet berjenis Macaca Fascicularis berhasil diamankan Damkar Kabupaten Cianjur yang meresahkan warga. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Warga Kampung Tipar Kaler, RT 02 RW 05, Desa Limbangansari resah dengan keberadaan monyet yang berkeliaran di sekitar rumah warga. Pasalnya, beberapa kali monyet berjenis Macaca Fascicularis ini kerap mengganggu warga dan bahkan dikhawatirkan mencelakai.

Mendapat laporan tersebut, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur langsung datang ke lokasi untuk menangkap dan mengevakuasi hewan primata tersebut.

“Selama kurang lebih satu jam, kita memancing monyet tersebut agar bisa kita tangkap,” ujar Koordinator Rescue Damkar Kabupaten Cianjur, Ade Risyan.

Monyet tersebut pun berhasil dipancing dan langsung diamankan oleh tim Rescue Damkar Kabupaten Cianjur agar tidak kembali membuat resah warga.

Sebelumnya, monyet tersebut bukan merupakan hewan liar. Melainkan, ada salah satu warga yang memelihara dan monyet tersebut sudah lama kabur.

“Bukan (hewan liar, red), jadi peliharaan dan udah lama kabur. Mungkin mau kembali malah kondisinya udah jadi liar, sehingga mengganggu warga,” ungkapnya.

Rencananya, monyet tersebut akan dibebaskan kembali ke alam liar sesuai dengan habitatnya. (kim)