Ngeyel! Satlantas Polres Cianjur Hukum Pengendara Motor Dengarkan Suara Knalpot Bising

KAPOK: 15 motor terjaring razia karena menggunakan knalpot bising yang mengganggu masyarakat. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Bising dan mengganggu. Setiap malam dan bahkan hampir setiap hari di jalan protokol Kabupaten Cianjur terdengar bunyi yang kurang nyaman. Bunyi tersebut berasal dari knalpot racing yang digunakan beberapa pengguna roda dua.

Masyarakat yang merasa terganggu pun mengadukan hal tersebut kepada Polres Cianjur. Pihak Polres Cianjur pun langsung menurunkan anggota Satuan Lalulintas (Satlantas) untuk menindak pengendara roda dua dengan menggunakan knalpot bising.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Meilawaty mengatakan, pihaknya sudah memberikan imbauan serta teguran kepada pengendara roda dua yang masih menggunakan knalpot racing tersebut. Namun ternyata, imbauan tidak diindahkan dan akhirnya pihaknya melakukan penindakan.

“Sudah kita berikan imbauan untuk menggunakan knalpot standar, karena selama empat bulan kemarin kita ingin masyarakat menjadi dewasa dalam menaati aturan atau hukum yang berlaku. Tapi malah semakin melanggar,” ujarnya.

Hingga akhirnya, 15 kendaraan roda dua dengan menggunakan knalpot racing pun digiring ke Mako Polres Cianjur dan pengendara diminta untuk membawa knalpot standar.

“Kita meminta kepada pemilik roda dua untuk membawa knalpot standarnya dan menyerahkan knalpot bising atau racingnya agar tidak digunakan kembali dengan menandatangani surat penyerahan,” ungkapnya.

Namun, masih saja ada pengendara yang tidak ingin memberikan knalpot yang bukan standarnya tersebut. Satlantas pun geram dan memberikan hukuman kepada pengendara agar mendengarkan suara knalpot yang membuat masyarakat terganggu.

“Ada juga yang tidak mau menyerahkan, akhirnya kita berikan sanksi agar pengendara tersebut merasakan apa yang masyarakat rasakan juga. Akhirnya pemilik pun mau menyerahkan knalpot racingnya dan mengganti dengan knalpot standar,” jelasnya. (kim)