Haul Mama Gentur Bisa Dilaksanakan, Tapi….

Foto : LTN NU Jabar

RADARCIANJUR.com- Pelaksanaan haul Mama Gentur di Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur tidak bisa digelar seperti pada tahun-tahun sebelumnya dengan jumlah massa atau pengunjung ziarah yang membeludak. Di masa pandemi Covid-19 ini, sebelumnya akan dilakukan penundaan. Namun, akhirnya diperbolehkan dengan syarat adanya pembatasan pengunjung dan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur, Hendri prasetyadi mengatakan, haul memang merupakan tradisi dan kebiasaan masyarakat khususnya di Kampung Gentur Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur dalam rangka silaturahmi.

“Ada yang memaksakan untuk menuju Gentur di Warungkondang, ada beberapa pengunjung yang kita balik kanankan karena memicu kerumunan,” ujarnya.

Lanjutnya, beberapa di antara para peziarah dari luar Cianjur memang keluarga Gentur yang setiap tahun pulang sekaligus berziarah

“Kalau soal keluarga, kita kan enggak tahu itu keluarga atau enggak yang pasti kita bisa kurangi kerumunan,” tuturnya.

Pada dasarnya pelaksanaan haul Gentur Warungkondang ditunda namun masih ada yang melaksanakan khususnya bagi warga lokal

“Bahkan, ada di perbatasan Cikalong juga tiga bus dibalik kanankan karena mau melaksanakan haul,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya melakukan penjagaan di lima titik. Kemungkinan besar pengawasan akan ditambah.

“Kita ada lima checkpoint di Warungkondang, Gekbrong, Patung Ayam, perempatan Warungkondang, pertigaan Tegalega. Nanti ditambah lagi,” terangnya.

Hingga kini, pelaksanaan haul mama gentur Warungkondang masih berlangsung. Rata-rata masyarakat sekitar yang melaksanakannya. (kim)