Kejar Peningkatan IPM, Ini yang Dilakukan Disdik Cianjur

TARGET: Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cianjur menggelar Lokakarya Akselerasi Peningkatan Indeks pembangunan Manusia (IPM), di Gedung Kantor BJB Cabang Cianjur, Kamis (28/1). Foto : Bayu / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cianjur menggelar Lokakarya Akselerasi Peningkatan Indeks pembangunan Manusia (IPM), di Kantor BJB Cabang Cianjur, Kamis (28/1).

Acara yang turut dihadiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Cianjur serta Ikatan Alumni Universitas Putra Indonesia (IKAI) dan Perwakilan bank BJB tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengatakan, tujuan diselenggarakannya lokakarya ini untuk mencari solusi permasalahan IPM di Kabupaten Cianjur.

“Untuk meningkatkan IPM, perlu dibenahi dulu sektor pendidikan di Kabupaten Cianjur,” katanya kepada Radar Cianjur.

Diakuinya, Kabupaten Cianjur memang masih cukup tertinggal dibanding kabupaten/kota di Jawa Barat. Karena itu, dibutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder dan komunitas pendidikan.

“Pendidikan Cianjur harus sejajar dengan Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa barat,” ujarnya.

Selain memperhatikan pendidikan formal jenjang SD sampai tingkat SMA, pesantren juga akan diajak bekerjasama untuk memberdayakan agar ke depannya bisa diadakan pembelajaran formal.

“Selama ini pesantren tidak termasuk indeks kategori penilaian sektor pendidikan. Makanya harus didorong,” terang Himam.

Pemkab Cianjur, sambungnya, juga sudah menargetkan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan sampai dengan empat tahun ke depan.

“Program 2021 -2025 adalah target dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Cianjur,” ungkapnya.

Sementara, Kepala BJB Kabupaten Cianjur, Aris Mirawan menyatakan, pihaknya akan terus memberikan dukungan terhadap program pemerintah tersebut.

“Salah satu bukti kami mendukung program ini dengan menjadi tuan rumah terselenggaranya acara ini,” tandasnya.(cr1)