Kesadaran Prokes Masyarakat Takokak Baru 75 Persen

Social Distancing

RADARCIANJUR.com- Seiring berjalannya waktu, tingkat kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) mulai meningkat. Seperti halnya di Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur.

Kasi Seksi Umum (Kasium) Polsek Takokak, Aipda Anton Supendi menjelaskan, operasi yustisi ini sudah dilakukan sejak 13 Januari 2021 hingga waktu yang tidak ditentukan dan rutin setiap hari digalakkan.

“Kalau di Cianjur Selatan hanya sebatas mengimbangi kegiatan di kota dengan tujuan mengedukasi masyarakat tentang kebijakan pemerintah dalam penanganan dan percepatan pemutus rantai penybaran Covid-19 melalui Impres Nomor 6 Tahun 2020,” ujarnya.

Masyarakat diberi edukasi mengenai 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Pihaknya memberikan sanksi berupa teguran lisan, sosial, hingga fisik pada pelanggar.

“Kalau fisik push up, kalau sosial bersih-bersih, dan paling banyak adalah teguan lisan sebatas mebgimbau agar disiplin memakai masker,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Anton bersyukur karena hampir 75 persen masyarakat sudah memahami penerapan protokol kesehatan. Meskipun masih ada masyarakat yang belum terjangkau oleh petugas.

“Sisanya itu belum paham soal protokol kesehatan. Maka kita bekerja sama dari unsur satgas covid kecamatan agar terlaksana program pemerintah penanganan Covid-19 ini,” tutupnya. (kim)