Plt Bupati – PDIP Tabur Benih Ikan dan Tanam Pohon di Lokasi Rawan Bencana

Plt Bupati Cianjur bersama Ketua DPC PDI Perjuangan Cianjur melakukan pembersihan sampah dan menabur benih ikan di Sungai Cianjur. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman bersama PDI Perjuangan Cianjur, Dinas PUPR, Satpol PP Cianjur melakukan pembersihan sungai dan penanaman pohon dilakukan di lokasi rawan bencana, Minggu (31/1/2021).

Herman mengapresiasi semangat PDI Perjuangan yang langsung terjun ke sungai dan beberapa titik lokasi rawan bencana untuk melakukan penanaman pohon.

“Beberapa lokasi penanaman pohon di antaranya di Kecamatan Leles yang kemarin terjadi banjir bandang, di Kecamatan Cibeber Karangnunggal yang terjadi pergerakan tanah Atasnama pemerintah dan Pemkab Cianjur inisiasi pembersihan sungai dan penanaman pohon ini dilakukan oleh PDI Perjuangan semoga PDI Perjuangan makin dicintai oleh warga,” ujar Herman.

Herman menyempatkan juga menabur sebanyak satu ton benih ikan di Sungai Cianjur setelah bersama membersihkan sampah.

Kadis PUPR Cianjur, Eri Rihandiar, mengatakan, permasalahan sampah memang menjadi persoalan kritis di Sungai Cianjur.

“Masalah sampah yang dikhawatirkan terjadi penumpukkan hingga menyebabkan sedimentasi atau pendangkalan sungai, saya mengimbau masyarakat di bantaran sungai untuk membuat tempat penampungan sampah agar tak membuang sampah ke sungai,” katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur, Susilawati SH MKP mengatakan pembersihan sungai dan penanaman pohon dilakukan sebagai rangkaian hari ulang tahun PDI Perjuangan yang sebelumnya membagikan tumpeng sebanyak 48 tumpeng kepada warga.

“Hari ini kami melakukan pembersihan sungai dan penanaman pohon di lokasi bencana. Seperti di Kecamatan Cibeber wilayah Karangnunggal yang terjadi pergerakan tanah, untuk DAS rawan longsor di Leles, lalu Kecamatan Haurwangi di DAS Citarum sebanyak 1.500 pohon, bakti sosial ini merupakan kiprah partai yang harus hadir di tengah masyarakat, di sela kegiatan kami mengajak warga tak membuang sampah sembarangan. Lalu tebar benih ini untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat,” katanya.

Susi mengatakan, kegiatan akan kembali dilakukan pada Juni mendatang dengan turun lagi ke lokasi rawan bencana lainnya.

“Semoga kegiatan ini bisa dilanjutkan oleh dinas terkait dan semoga tak lagi terjadi banjir,” katanya.(dil)