Syaiful Gofar Zamiani Putra, Milenial Cianjur Berprestasi Langganan Kompetisi Nasional dan Internasional

MEMBANGGAKAN: Syaiful Gofar Zamiani Putra mengabadikan salah satu momen gemilang saat berhasil menorehkan prestasi tingkat internasional.

RADARCIANJUR.com – Anak muda memiliki berbagai inovasi hingga prestasi untuk membangun suatu daerah. Tak jarang, dewasa ini banyak anak muda atau lebih dikenal milenial diikutsertakan dalam pembangunan dan kemajuan daerah. Di Kabupaten Cianjur, tak sedikit anak muda yang memiliki berbagai keterampilan dari berbagai bidang bisa dikenal di kancah Nasional maupun Internasional. Namun tak sedikit pula yang tidak terdengar namanya.

Syaiful Gofar Zamiani Putra. Nama tersebut mungkin hanya dikenal sebagian orang atau lebih tepatnya hanya dalam lingkup pergaulannya. Tapi siapa sangka, mahasiswa asal Cianjur yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Jurusan Geofisika Semester IV ini menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Cianjur. Prestasinya tak perlu diragukan. Tidak sedikit berbagai kompetisi diikutinya.

BACA JUGA : GeNose Bakal Jadi Alat Screening Utama Covid-19

Lima kompetisi pernah digarap. Tiga tingkat nasional dan dua tingkat Internasional. Salah satu kompetisi yang diikutinya yakni case study bidang Petrolium mengenai energi yang diselenggarakan di Malaysia. “Pernah mengikuti perlombaan atau kompetisi Petrolium. Jadi kita case study atau mencari solusi dari permasalahan energi,” ujarnya.

Anak laki-laki dari pasangan Jamaludin dan Ani Nuryani ini terus mengasah kemampuannya dengan mengikuti berbagai kompetisi. Meskipun saat itu dirinya awal memulai pendidikannya di Yogyakarta. Tentu dari kerja keras dari Kota Pelajar tersebut membuahkan hasil. Walaupun tidak menduduki juara pertama, dirinya tidak patah arang. Terus menerus mengasah kembali dengan belajar. “Jadi sudah mengikuti dua kompetisi internasional dan tiga kompetisi nasional. Alhamdulillah jadi juara meskipun bukan di posisi pertama,” ungkap anak dari pria yang kerap disapa Bang Jamal.

Langkahnya tersebut tentu bukan hanya dari hasil kerja kerasnya maupun ilmu yang terus diasah, mengalir dukungan dan doa dari kedua orang tua menjadi faktor keyakinan dirinya bisa menapaki berbagai kompetisi di ajang bergengsi tingkat nasional dan internasional.

Di sisi lain, dirinya memiliki niatan yang patut diacungi jempol. Pasalnya, setelah lulus nanti, dirinya ingin berkontribusi dalam pembangunan daerah dalam bidang energi. Meski demikian, ia masih memerlukan bekal berupa pengalaman dalam bidang tersebut agar menjadi salah satu modal.

BACA JUGA : Fasilitas Terbaik, BMS Stadium Cianjur Pilihan Para Pecinta Bola

Pengalaman tersebut akan ditempanya dalam dunia kerja sesuai dengan bidang yang tengah digelutinya saat ini. Bukan waktu yang sekejap. Ia menargetkan akan menghabiskan masa mudanya selama kurang lebih lima tahun untuk mengasah pengalaman dan kemampuannya untuk Kabupaten Cianjur. “Setelah lulus, lima tahun pertama akan bekerja di perusahaan ternama agar bisa memiliki pengalaman untuk memajukan Kabupaten Cianjur,” tutur putra dari ketua Timgab BHSM ini.(kim)

Catatan Prestasi
– 1st Runner-Up of International Case Study Competition Asia Geoscience Student Conference & Exhibition (AGSCE)
– 2nd Runner-Up of International Oil and Gas Case Study Competition-SPE Education Festival (SPEEDFEST) 2020
– Runner-Up Case Study Competition INCEPTION 2019
– Bronze Medal of Essay Competition in Indonesian Youth Innovation Project (IYIP) 2020
– Finalist Plan of Development (POD) Petroleum International Competition