Peringati Harlah NU, Polsek Pacet Pererat Silaturahmi Bersama Ulama di Cipanas

SILATURAHMI: Kapolsek Pacet beserta jajarannya bersilaturahmi ke sejumlah ulama dan tokoh masyarakat di wilayah Cipanas. Sekaligus peringatan Harlah NU, Selasa (2/2/2021). Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Guna mempererat tali persaudaraan antar ulama serta tokoh masyarakat di wilayah Cipanas, kepolisian sektor (Polsek) Pacet melakukan silaturahmi ke Majelis Taklim Nurul Mubarak yang berada di Kampung Balakang, Desa Sindanglaya, kecamatan Cipanas, Cianjur, Selasa (2/2/2021).

Dalam kesempatan itu, hadir langsung Kapolsek Pacet, AKP Galih Apria. SIK. MSI. MIK, Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdatul Ulama Kecamatan Cipanas, Abdul Aziz Hamdan, Wakil Ketua PCNU kabupaten Cianjur, Pipin S Arifin, perwakilan pengurus MUI Cipanas, serta para ulama dan sejumlah tokoh masyarakat ikut hadir.

Kapolsek Pacet, AKP Galih Apria. SIK. MSI. MIK, mengatakan, pelaksanaan silaturahmi sekarang ini memang sebelumnya telah sering dilaksanakan. Termasuk sejalan dengan program Polri yang baru, dan sekaligus memperingati Harlah Nahdatul Ulama (NU).

“Kita juga selama ini sering ikuti ceramah-ceramah dan pengajian yang bersumber dari salah satunya kitab kuning, tentang amal ma’ruf nahi mungkar,” kata Kapolsek kepada radarcianjur.com, Selasa (2/2/2021).

Begitu juga dalam hal ini, sejalan dengan tugas kepolisian yang dinilai sangat penting guna menghindari tindakan kepolisian yang merugikan masyarakat seperti korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

“Perlu disadari Cipanas ini menjadi salah satu daerah perlintasan kota-kota besar. Sehingga semua unsur, khususnya kepolisian mesti lebih memahami hal-hal terkait Amal Ma’ruf Nahi Munkar,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga tak lupa menyosialisasikan tentang protokol kesehatan kepada semua unsur. Termasuk, kedepannya Kapolsek akan melakukan inovasi tentang kajian kitab kuning secara daring (online). Sehingga Polri bersama para ulama bisa mengakses kajian Islam tersebut.

“Jadi masyarakat umum setiap Selasa sekitar pukul 13.00 WIB, kita seluruh warga khususnya Kecamatan Cipanas bisa ikut dalam pengajian itu dengan rutin,” ujarnya.

Ketua Wakil Cabang (MWC) Nahdatul Ulama Kecamatan Cipanas, Abdul Aziz Hamdan menambahkan, kunjungan Kapolsek beserta jajarannya dalam hal ini ke pengurus MWC Nahdlatul Ulama Kecamatan Cipanas merupakan bagian dari pada sebuah silaturahmi yang digagas pertama kali itu oleh Kapolri dengan pengurus besar Nahdlatul Ulama.

“Ini sebagai jembatan bahwa warga Nahdliyin harus menjadi garda terdepan dalam ikut menjaga ketertiban juga keamanan dan sebagai wujud kepedulian kita terhadap kondisi negara yang saat ini,” tutur Ustadz Aziz.

Selain itu, dalam mempererat persaudaraan baik ukhuwah insaniyah, wathaniyah, basyariyah dan termasuk juga yang paling utama dalam ukhuwah islamiyah mudah-mudahan kerjasama dengan kepolisian ini bukan hanya sebatas hari ini, tetapi bisa dilaksanakan berkesinambungan.

“Silaturahmi ini juga sebagai bentuk peringatan Harlah NU bersama Polri’. Jadi setiap pelaksanaan positif dari Polri, kami dari NU akan men-support itu termasuk akan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut,” tandasnya. (dan)