Bisnis Tanaman Hias di Cianjur Perlu Perhatian Pemerintah

Peninjauan Anggota DPRD Cianjur ke kelompok usaha tanaman hias di Cipanas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Cianjur menilai, pemberdayaan sektor bisnis tanaman hias di Cipanas, Cianjur selama ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

“Salah satu diantaranya yang akan dibantu di komisi yang saya bidangi dalam mendorong pemberdayaan itu adalah bisnis tanaman hias. Dimana produk mereka dan usahanya itu selama ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat,” tutur Anggota DPRD Cianjur sekaligus Ketua Fraksi Partai Gerindra Cianjur, Prasetyo Harsanto kepada radarcianjur.com, Selasa (2/2/2021).

Maka dari itu, lanjut Prasetyo, penyerapan aspirasi di desa Cipanas Kecamatan Cipanas Selasa (kemarin, red) tengah menampung masukan dari masyarakat dalam bidang pertanian.

“Karena memang di wilayah Cipanas itu kebanyakan memiliki potensi dalam bidang pertanian, maka harus didorong untuk menjadi produk unggulan,” ucapnya.

“Maka dari itu karena usaha warga juga dengan komisi saya satu bidang, mereka (masyarakat yang melakukan usaha) diupayakan untuk membuat sebuah wadah seperti kelompok fiskal,” tambahnya.

Namun begitu, menurut Prasetyo, sebagian besar anggaran di masa pandemi ini, pemerintah lebih mengalokasikan untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19, ketimbang pemberdayaan masyarakat.

“Tetapi kita melihat bahwasanya sektor pertanian itu adalah salah satu sektor yang masih bisa tumbuh diantara sektor-sektor lainnya. Hanya ada dua sektor pertanian dan sektor telekomunikasi yang masih jalan di masa pandemi ini dengan tanpa ada bantuan pemerintah,” imbuhnya.

Selain itu, Prasetyo mengatakan, bahwa peran serta anggota dewan inilah, untuk memberikan dorongan terhadap pemerintah daerah untuk bisa menganggarkan lebih, kepada sektor pertanian. Agar para pelaku di bidang pertanian itu bisa bertahan atau lebih meningkatkan produksinya.

“Kita lihat disini walaupun mereka memiliki halaman yang sangat terbatas, tetapi mereka bisa menghasilkan uang untuk membantu dan menjadi contoh buat daerah-daerah lain,” kata dia. (dan)