Pemkab Cianjur Siapkan Ruang Isolasi Covid-19 Tambahan

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Perang terhadap Covid-19 terus dilakukan agar kasus melonjak tajam. Bahkan, bukan hanya sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar virus ini menyebar.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur sudah menyiapkan tempat isolasi tambahan di setiap kecamatan dan desa. Setiap kecamatan dan desa terdapat satu hingga tiga ruang isolasi yang berasal dari rumah dinas camat.

Dari total akumulatif ruang isolasi, seluruhnya berjumlah 754 tempat isolasi tambahan untuk antisipasi melonjaknya kasus dan ketersediaan ruang isolasi.

“Antisipasi Pemkab Cianjur dan Satgas, apabila terjadi lonjakan kasus Covid-19 ekstreme, jadi bisa tertangani. Selain itu, sebagai antisipasi Pemkab Cianjur kekurangan anggaran untuk penanganan Covid-19,” ujar Juru Bicara Pusat Informasi Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal.

Ruang isolasi tersebut hanya diperuntukan pasien orang tanpa gejala (OTG). Pasalnya, meski tanpa gejala, tetap masih bisa menyebarkan Covid-19. Saat ini, total keseluruhan, Kabupaten Cianjur saat ini memiliki ruang isolasi kurang lebih 1.200 ruangan yang sudah sesuai standar.

“Seluruh ruang isolasi di kecamatan dan desa sudah sesuai dengan standar.
Ruang isolasi tersebut untuk OTG Pengawasannya oleh Satgas kecamatan dan desa. Sebelum digunakan, isolasi kecamatan dan desa akan dilakukan monitoring dan evaluasi (monev),” jelasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, hal tersebut sebagai langkah antisipasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Cianjur. Selain itu, beberapa pihak kecamatan dan desa pun berpartisipasi secara sukarela.

“Iya sebagai langkah antisipasi penanganan Covid-19, ada juga yang berpartisipasi dari pihak kecamatan,” singkatnya. (kim)