Kenalkan Budidaya Talas Beneng

PEMBERDAYAAN: Kades Sukamulya, Iman Nurjaman memperlihatkan kebun budidaya Talas Beneng. Foto: Fadilah Munajat/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sebagai upaya mendongkrak ketahanan pangan desa, Pemerintah Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, mengajak warganya untuk budidaya talas beneng.

Kades Sukamulya, Iman Nurjaman mengatakan, selain sebagai sumber pangan, talas beneng juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan industri, misalnya sebagai bahan baku kosmetik.

Menurutnya, talas beneng berbeda dengan talas lainnya. Batang talas beneng memiliki batang yang berukuran lebih besar dan panjang dan bisa tumbuh dengan cukup mudah.

“Karena ukurannya cukup besar, talas beneng potensial untuk diolah menjadi tepung,” kata Iman, Kamis (4/2/2021).

Talas beneng juga bisa diolah menjadi tepung terigu yang tidak mengandung gluten atau non gluten. Gluten sendiri merupakan protein yang biasa ditemukan pada biji-bijian seperti gandum.

“Pada sebagian orang, gluten menimbulkan alergi. Jika setiap kali mengonsumsi roti, sereal gandum, atau pasta, maka bisa berakibat gatal, ruam ataupun gejala khas alergi,” terangnya.

Bahkan saat ini, talas beneng juga sudah banyak diolah menjadi bahan berbagai komoditas. “Malah daun talas beneng sekarang jadi salah satu komoditas ekspor,” tandasnya.

(dil)