BPJSTKU Solusi Digital Perlindungan Pekerja

APLIKASI : Account Representative BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cianjur, Parjan (kiri) menunjukan aplikasi BPJSTKU.

RADARCIANJUR.com – Akibat dari pandemi covid-19, berimbas pada peningkatan klaim JHT atau Jaminan Hari Tua, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) saat ini terus meningkatkan pelayanannya.

Account Representative BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cianjur, Parjan mengatakan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang merupakan transformasi dari Jamsostek ini kini memiliki layanan klaim online di aplikasi BPJSTKU. Layanan ini menjadi solusi menghindari antrean terlalu panjang di kantor cabang BPJAMSOSTEK.

“Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang sebisa mungkin mengurangi aktivitas berkerumun di luar rumah. Meskipun prosedur pencairan dana untuk jalur offline cukup mudah, namun tetap terdapat risko terpapar Covid-19,” katanya.

Parjan menuturkan, aplikasi BPJSTKU yang bisa diunduh melalui Play store atau App store menjadi solusi di masa pandemi covid-19. dibekali dengan sejumlah fitur, termasuk pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota baru dan pengecekan saldo bagi penerima upah, bukan penerima upah, dan PMI yang telah ikut serta dalam program ini serta layanan fitur klaim online dengan langkah mudah login dan pilih menu antrian online.

Adapun beberapa langkah untuk menggunakan aplikasi BPJSTKU, pertama unduh aplikasi BPJSTKU yang tersedia bagi pengguna Android maupun iOS, lalu buka aplikasi BPJSTKU dan pilih menu “PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU”

Pilih jenis kepesertaan Anda, misalnya PENERIMA UPAH. Lalu masukkan data yang diminta, seperti nama, tanggal lahir, dan nomor KTP, dan masukkan nomor kepesertaan yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan, serta masukkan alamat e-mail aktif untuk keperluan verifikasi, masukkan kode yang diterima.

Selanjutnya masukkan nomor ponsel aktif untuk keperluan verifikasi selanjutnya, masukkan kode verifikasi yang diterima melalui SMS dan buat password untuk akun BPJSTKU.

“Adapun manfaat yang dapat diklaim secara online adalah Jaminan Hari Tua (JHT). Jaminan ini dapat digunakan oleh para pekerja dalam mempersiapkan masa tua mereka,” ujarnya.

Sebelum mengetahui cara klaim JHT secara online ada baiknya mengetahui syarat dan ketentuan klaim.

Layanan Klaim JHTdengan Kategori klaim, yakni PHK, mengundurkan diri, Pensiun dan Manfaat klaim sebagian sebesar 10 persen dan 30 persen.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk klaim JHT 10 persen dan 30 persen, peserta minimal sudah bergabung selama 10 tahun dan peserta masih aktif bekerja di perusahaan, fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek dengan menunjukkan yang asli.

Selain itu, menyiapkan fotokopi KTP Peserta dengan menunjukkan yang asli, fotokopi KK (Kartu Keluarga) dengan menunjukkan yang asli. Surat keterangan masih aktif bekerja dari perusahaan. Buku Rekening Tabungan. Sementara itu, untuk mencairkan saldo JHT 30 persen hanya perlu menambahkan dokumen perumahan.

Parjan menambahkan, syarat untuk klaim JHT Kategori klaim, yakni PHK, mengundurkan diri dan Pensiun, sudah berhenti bekerja (PHK/resign) atau mencapai usia pensiun Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Paklaring (Surat pengalaman bekerja/surat keterangan sudah berhenti bekerja). KTP, Kartu Keluarga (KK)

Buku Tabungan untuk Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan.

“Fotokopi minimal sebanyak 1 lembar untuk masing-masing dokumen di atas. Foto diri terbaru (tampak depan), NPWP (untuk saldo di atas 50 juta). Setelah seluruh dokumen persyaratan telah dipenuhi, pengajuan klaim secara online bisa langsung dilakukan, ” katanya.

Selain itu adapun langkah-langkah klaim JHT secara online melalui lapak asik online ( layanan tanpa kontak fisik ). Yakni registrasi melalui Aplikasi BPJSTKU atau situs www.lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id

Isi Data Pekerja, Data Pekerja Tambahan, Sebab Klaim dan Upload Dokumen Pendukung.

Setelah berhasil meng-upload dokumen, peserta akan mendapatkan konfirmasi data pengajuan.

Apabila konfirmasi data peserta sudah sesuai, lanjutkan proses konfirmasi persetujuan dengan klik tombol “ok”.

Maka akan muncul pop up keterangan “berhasil mengajukan Lapak Asik” dan data pengajuan Lapak Asik yang di antaranya berisikan jadwal konfirmasi klaim secara virtual, kantor cabang layanan serta tanggal dan jam layanan klaim. Pastikan email yang dimasukkan benar karena data tersebut akan dikirimkan ke email peserta yang telah dimasukkan. Pastikan juga nomor telepon yang dimasukkan benar karena peserta akan dikonfirmasi secara virtual.

Sedangkan cara klaim JHT onsite untuk Kategori klaim, yakni PHK, mengundurkan diri dan Pensiun, jika tidak ingin melakukan klaim secara online, BPJAMSOSTEK memiliki mekanisme klaim secara langsung atau yang disebut LAPAK ASIK ONSITE. Berikut ini tata caranya yakni persiapkan Dokumen Asli yang terdiri dari KTP, KK, Kartu Peserta BPJAMSOSTEK, Surat Keterangan Berhenti Bekerja atau Paklaring, Buku Rekening, NPWP (untuk saldo >50jt).

Selanjutnya Scan QR Code yang tertera di masing-masing kantor cabang, aktifkan fitur lokasi/GPS di smartphone/gadget dan pastikan berada di sekitar lokasi Kantor Cabang.

Isi Data yang sebenarnya pada kolom yang tersedia, lalu apload setiap dokumen pada nomor 1 melalui smartphone/gadget.

“Tunjukkan notifikasi pengajuan klaim kepada petugas untuk mendapatkan Nomor Panggilan. Maka akan dipanggil oleh petugas untuk verifikasi data secara virtual sesuai dengan nomor panggilan, ” pungkasnya.(ndk)