Desa Bojong Getol Sosialisasikan Masalah Sampah

Warga Desa Bojong bergerak membersihkan sampah. Foto Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Untuk meminimalisir penumpukan sampah di wilayahnya, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah melakukan kegiatan bersih-bersih sampah Senin (08/02/2021).

Kegiatan yang digagas oleh pemerintah Desa Bojong tersebut melibatkan karangtaruna, Unit kebersihan Desa serta warga Desa Bojong dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid 19.

Tempat-tempat yang disisir diantaranya sungai, selokan dan tempat-tempat yang berpotensi menghasilkan sampah.

Kepala unit kebersihan Desa Jujun Junaedi mengatakan kegiatan bersih-bersih tersebut mulai dilakukan di wilayah ke RW -an 13 dan ke RW -an 14 .

“Dari jumlah 74 ke RT-an dan 18 Ke RW- an hari ini baru dilakukan kegiatan di dua ke RW- an, ” katanya.

Jujun menambahkan pada kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada tentang pentingnya menjaga kebersihan.

“Sekarang kan musim hujan. banyak sampah rumah tangga takut nya jadi sarang nyamuk penyebab penyakit Demam berdarah, ” terangnya.

Ditemui Radar Cianjur Kepala Desa Bojong U. Handoko menjelaskan pemerintah Desa Bojong saat ini tengah fokus untuk menanggulangi masalah persampahan di Desanya.

” Kami pihak Desa juga telah memberikan fasilitas yaitu mobil pengangkut sampah dan nantinya akan di bangun juga bak sampah di setiap titik ke RW -an, ” ujarnya.

Lanjutnya kegiatan ini akan terus dilakukan setiap hari.

“kegiatan ini akan dilakukan setiap hari. Tidak hanya hari ini saja, kita juga akan terus mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan, “ucapnya.

Handoko berharap dengan banyaknya masyarakat yang peduli akan sampah dapat menjadikan Desanya menjadi Desa yang bersih dari sampah.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini tidak ada lagi masyarakat yang buang sampah ke sungai , selokan atau pun sembarang tempat, “tuturnya.(cr1)