10 Tahun Bersihkan Jalan Desa Bojongkasih, Emak Emi Hanya Ingin Berfoto dengan Istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil

PENGABDIAN: Selama 10 tahun Emak Emi membersihkan jalan desa tanpa meminta imbalan. (Foto Patriot Desa For Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Usia senja tidak membuat semangat nenek Emi (65) untuk peduli dan berbuat hal bermanfaat untuk lingkungan sekitar kediamannya di Desa Bojong kasih Kecamatan Kadupandak. Jalan desa yang sudah dipercantik dan terlihat lebih nyaman tersebut tentu harus dibersihkan dan dirawat.

Pengabdian dan pengorbanan nenek delapan orang cucu dan enam orang cicit ini menjadi contoh pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Bukan sekali saja. Namun setiap pagi dirinya secara komitmen membersihkan lingkungan jalan desa. Pagi hari sekali sekitar pukul 5.00 WIB bergegas membelah temaramnya pagi untuk menjalani rutinitasnya. Bukan waktu singkat. 10 tahun sudah pengabdian tersebut dilakukan.

Dinginnya udara pagi seakan sudah tidak dirasakan lagi. Seakan menjadi selimut pagi baginya.

“Emak senang melakukan hal ini, enggak ada paksaan,” ujarnya.

Nama Ema Emi bahkan sangat terkenal di Desa Bojongkasih dari berbagai generasi. Bahkan setiap hari di saat sedang menyapu sampah dijalankan banyak warga atau pemuda yang melewati jalan tersebut selalu memanggil-manggil.

Ada hal yang unik dikala ditanya keinginannya Emak Emi. Memang bukan hal berat yang diinginkan. Hanya ingin berjumpa dan berswafoto dengan istri Gubernur Jawa Barat (Jabar) , Ridwan Kamil yakni Atalia Praratya Kamil.

“Ingin sekali bertemu dan difoto bersama Bu Cinta yang cantik,” ungkapnya.

Kepala Desa Bojongkasih, Dadi Anwar Musadad membenarkan bahwa memang benar sekali Emak Emi sosok yang sangat luar biasa setiap pagi.

“Selalu menyapu jalan desa tanpa sedikitpun meminta imbalan dan itu dilakukannya bergantian tempat dari hari ke hari,” tuturnya.

Dadi pun menambahkan, apa yang dilakukan Emak Emi selama ini patut untuk ditiru oleh masyarakat khususnya masyarakat Desa Bojongkasih dan umumnya bagi semua agar sadar akan kebersihan terutama bagi anak-anak muda millenial. (kim)