Airlangga : Pers Harus Berperan Menangkal Hoaks Terkait Covid-19

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat menyampaikan keterangan pers beberapa waktu yang lalu

RADARCIANJUR.com — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku pers menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Terutama, dalam perannya menjadi referensi untuk mengetahui informasi dan isu-isu strategis nasional.

Pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 ini, Airlangga berharap pers tetap menjadi sarana informasi terpercaya untuk masyarakat. Terutama, saat bangsa Indonesia menghadapi kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang. “Pers tidak boleh lelah dan harus terus semangat untuk menjadi sarana informasi terutama di masa pandemi seperti sekarang ini,” ucap Airlangga, Selasa (9/2).

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini juga berharap pers tetap menjaga nilai-nilai kritisnya, berupaya selalu independen, dan menjunjung tinggi integritasnya. Menurut Airlangga, peran pers di masa pandemi sangat penting. Informasi positif yang disebarkan pers bisa berpotensi menciptakan rasa optimistis kepada masyarakat. Pers juga bisa berperan menangkal (hoaks) terkait Covid-19.

Melalui independensi dan integritas pers, Airlangga mengaku pesan-pesan positif untuk membantu membangkitkan optimisme masyarakat menghadapi pandemi sangat bermanfaat. Sebab, dalam situasi saat ini, dibutuhkan kerja sama seluruh pihak untuk saling menguatkan. “Semoga pers tanah air senantiasa menjunjung nilai independensi, dan dapat terus menyebarkan kebermanfaatan bagi masyarakat,” ujar Airlangga. (*/dra)