Kerjasama Antara Pemprov Jabar dan Kerajaan Oman, Wagub Uu: Akan Bangun Seribu Masjid

PENINJAUAN: Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melaksanakan peninjauan ke sejumlah tempat termasuk Ponpes Al Uzlah, Desa Ciherang, kecamatan Pacet, Cianjur. (Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melaksanakan peninjauan ke sejumlah tempat yang akan dikembangkan untuk wisata dan pembangunan masjid dengan bekerjasama kesultanan Oman.

“Karena kesultanan Oman ingin investasi di wilayah Jawa Barat tentang pengembangan perkotaan, pariwisata dan mereka ingin mengembangkan tanah milik Pemprov, jadi nanti semuanya akan saling menguntungkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan,” ujar Kang Uu begitu ia akrab disapa, usai kunjungan kerja ke Ponpes Al Uzlah, Desa Ciherang, kecamatan Pacet, Cianjur, Selasa (9/2/2021).

Di wilayah Jawa Barat sendiri, Kang Uu menyebut, rencana pembangunan masjid itu sebanyak 1000 masjid. Dengan mekanisme yang tidak seperti organisasi atau yayasan lain dari luar negeri. Dalam membangunnya pun selama ini tanpa ada koordinasi dengan pemerintah.

“Tapi kalau dari kerajaan Oman itu dengan pemerintah titiknya pun telah ditentukan, bahkan sudah diberikan kewenangan bagi yang dianggap butuh dan perlu untuk masyarakat, silakan mengajukan tanpa proposal. Asal dikontrol sama mereka, pasti senang dan sudah profesional juga,” imbuhnya.

Hingga saat ini, informasi yang ia terima, telah ada sebanyak 200 masjid di wilayah Jawa Barat yang terealisasi pembangunannya dengan bekerjasama kerajaan Oman. Termasuk salah satunya itu di Ponpes Al Uzlah ini.

“Jadi tinggal sekitar 800 masjid lagi yang rencananya akan dibangun. Mudah-mudahan lancar dan segera terealisasi, agar nantinya di Jabar ini punya kebanggaan karena memiliki masjid yang strategis dan sangat bagus,” kata kang Uu.

“Kami pun di sini hanya menentukan titiknya saja. Nanti secara pelaksanaan tinggal bersama-sama dengan pemerintah dan pihak ketiga,” tambahnya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Al Uzlah, KH. Aceng Yazid, mengucapkannya rasa terima kasih kepada pihak yayasan beserta pemerintah, karena telah membantu membangunkan masjid di Ponpes ini.

“Kebetulan kami sedang membutuhkan masjid di sini, jadi Alhamdulillah sangat terbantu sekali. Mudah-mudahan ini bisa menjadi keberkahan bagi yang memberi dan menerima, termasuk buat semuanya,” tutur KH Aceng. (dan)