Sambangi Ponpes Al-Musyaroffah, Wagub Jabar Bahas Soal Perda Pesantren

RADARCIANJUR.com – Pondok Pesantren Al- Musyaroffah Desa Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur mendapatkan kunjungan dari Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum Selasa (09/02/2021).

Pada kunjungan di salah satu ponpes tersebut wagub menyampaikan rencananya tentang akan adanya Perda Pesantren di Jawa Barat.

“Untuk perda ini adalah satu janji kami ketika kampanye. Perda ini juga salah satu kabar baik yang di tunggu-tunggu komunitas pesantren, ” katanya kepada Radar Cianjur.

Dalam pemaparannya wagub menjelaskan beberapa poin di dalam perda pesantren tersebut.

” Bocoran untuk nanti perda ponpes akan diberdayakan pemerintah untuk pembangunan melibatkan kyai, ulama dan santri, kemudian nanti akan ada insentif kepada kyai atau ulama yang mengelola ponpes selain itu nanti ada penyemarataan ijazah bagi santri salafiyah sehingga pesantren yang tidak ada pendidikan formal tetap bisa mendapatkan ijazah yang sama,” terangnya.

Lanjutnya perda tersebut belum bisa disahkan karena menunggu keputusan DPRD.

” Untuk saat ini baru bisa di sosialisasikan kepada masyarakat nanti akan ada tahapan pengesahan dari DPRD kemudian nanti menunggu di lembar kerja kan oleh mendagri, ” tuturnya.

Uu berujar sejarah mencatat kemerdekaan tidak lepas dari para peran ulama, pengelola pesantren ,serta santri .

“Apa salahnya pemerintah memperhatikan pesantren karena didalamnya mencetak pejuang-pejuang yang berjasa bagi negara, ” terangnya.

Ditemui terpisah Ketua yayasan pondok pesantren Adi Hidayat sangat senang dengan kunjungan Wakil gubernur.

“Tentunya sangat bangga bisa di kunjungi Wagub. Mudah-mudahan dengan kunjungan tersebut menjadi bagi para santri untuk lebih berprestasi, ” ucapnya.

Adi menambahkan dengan adanya perda tersebut nantinya pesantren akan lebih sejahtera.

“Harapannya sih dengan adanya perda pesantren, pesantren akan lebih maju lagi ,” harapnya.(cr1)