Pohon Tumbang Timpa Truk Tronton di Ciranjang

DIEVAKUASI: Para petugas tengab mengavakuasi pohon tumbang di Jalan Raya Ciranjang, yaang sempat ganggu arus lalu lintas karena terjadi kemacetan. Foto : Dokumentasi for Radar Cianjur/ Bayu Nurmuslim

RADARCIANJUR.com – Akibat hujan disertai angin kencang di Jalan Raya Ciranjang tepatnya di Kampung Andir Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang, menyebabkan pohon mahoni besar tumbang menimpa truk box tronton.

Beruntung tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut, namun kemacetan terjadi cukup panjang sehingga menyulitkan petugas dalam proses evakuasi.

Petugas PUPR Wilayah 4 Ciranjang, Saepul mengatakan, kejadian tumbangnya pohon mahoni tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB pada Selasa (9/2/2021), menimpa truk box tronton yang terparkir dengan Nopol B 9818 XTX.

“Pengemudi truk box tersebut sengaja ingin istirahat karena hujan turun sangat deras juga disertai angin kencang. Kemudian ia parkir truknya di pinggir jalan tepat di bawah pohon mahoni. Baru saja supir mau keluar tiba-tiba pohon mahoni tumbang menimpa bagian depan truk,” katanya kepada Radar Cianjur melalui sambungan telepon Rabu (10/2/2021).

Kemudian lanjut Saepul, sang pengemudi truk tersebut langsung berteriak meminta pertolongan pada warga yang kebetulan sedang nongkrong di warung kopi pinggir jalan. Tak lama arus lalu lintas kendaraan mendadak macet karena sebagian dahan pohon tumbang menghalangi jalan.

“Supirnya gak kenapa-kenapa langsung di amankan warga ,” paparnya.

Sementara itu, Kapolsek Ciranjang, Kompol Kuslin mendapati informasi pohon tumbang menimpa satu unit truk box tronton dari warga setempat dirinya langsung menerjunkan para personilnya.

“Setelah kami datangi ke TKP memang benar bahwa ada pohon tumbang menimpa truk akibat hujan deras disertai angin kencang. Batang pohon dengan diameter 40 sentimeter yang tumbang terlihat lapuk,” bebernya.

Lanjutnya akibat peristiwa tersebut sempat membuat arus lalulintas Jalan Raya Ciranjang menjadi macet, terutama saat pihak PUPR Wilayah 4 Ciranjang melakukan evakuasi pohon.

“Selang 30 menit arus lalulintas kembali normal dan peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, hanya saja bagian atas depan truk mengalami rusak,” paparnya.

Kapolsek juga menghimbau kepada Dinas terkait agar selalu rutin melakukan pemeriksaan pohon yang tumbuh di pinggir jalan raya khususnya untuk meminimalisir angka kecelakaan.

“Pada dinas terkait diharapkan rutin juga melakukan pemeriksaan pohon yang tumbuh di pinggir jalan raya dan bagi pengguna jalan harus waspada jika berteduh di bawah pohon pinggir jalan saat hujan lebat dan angin kencang,” harapnya.

Sopir truk box tronton, Junaedi (45) menjelaskan, pihaknya mengaku berasal dari Tasikmalaya yang melakukan perjalanan menuju Ciawi Bogor, namun baru sampai di Ciranjang, terjadi musibah truk yang dibawanya tertimpa pohon tumbang.

“Untuk sementara waktu perjalanan menuju ke Ciawi Bogor gak bisa dilanjutkan. Paling saya laporan dulu sama atasan saya, ” pungkasnya.(cr1)