Libur Imlek, Volume Kendaraan ke Arah Jawa Meningkat 9 Persen

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Peningkatan volume kendaraan selama periode libur Imlek 2021 mulai terjadi. Berdasarkan pengamatan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, sejak Kamis, 14 Februari 2021, sudah mulai terjadi peningkatan volume kendaraan dibanding hari biasanya.

“Berdasarkan data dari gate tol yang arah ke Jawa, ada peningkatan sedikit, 9 persen dari hari biasanya,” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan saat dikonfirmasi, Jumat (12/2).

Kendati demikian, Rudy memastikan penjngkatan volume kendaraan ini tidak menyebabkan kemacetan. Arus lalu lintas menuju wilayah Jawa masih terpantau lancar.

“Belum (ada kemacetan), lalin masih lancar,” jelas Rudy.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, arus mudik diprediksi sudah mulai terlihat hari ini. Untuk mengantisipasi kepadatan, Ditlantas sudah menyiapkan pos pengamanan di Tol Jakarta-Cikampek.

“Kami jajaran Polda Metro Jaya sudah menyiapkan pos-pos keamanan antara lain KM 10, KM 19 rest area, dan KM 29,” kata Sambodo kepada wartawan, Kamis (11/2).

Sambodo menuturkan, pos pengamanan KM 10 dibuat untuk mengantisipasi apabila terjadi kecelakaan atau kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek Elevated II atau tol layang. Sedangkan pos pengamanan KM 29 untuk mengantisipasi apabila perlu diterapkan skema contra flow dari arah barat ke timur maupun sebaliknya. Dan di KM 19, akan disediakan drive thrue swab antigen gratis bagi pengendara.

Selain itu, pengamanan Imlek juga akan diberikan di klenteng atau vihara yang menyelenggarakan ibadah Imlek. Polisi lalu lintas akan dikerahkan untuk mengatur lalu lintas di sekitar tempat peribadatan. “Untuk semuanya ini total ada 350 personel sudah kita siapkan,” ucap Sambodo.(jpc)