5 Kecamatan di Cianjur Zona Merah Covid-19

RADARCIANJUR.com – Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cianjur cukup signifikan. Pasalnya, saat ini rata-rata kecamatan di Kabupaten Cianjur dalam kondisi zona orange. Selain zona orange, terdapat kecamatan yang dalam kondisi zona merah dan kuning.

Kecamatan yang berada di zona merah yakni Cianjur, Cilaku, Cibeber, Pacet dan Cipanas. Sementara untuk kecamatan yang berada di zona orange yakni Agrabinta, Bojongpicung, Campaka, Cibinong, Cikadu, Ciranjang, Cugenang, Gekbrong, Haurwangi, Kadupandak, Karangtengah, Naringgul, Pagelaran, Pasirkuda, Sukaluyu, Sukanagara, Sukaresmi, Tanggeung, Takokak dan Warungkondang.

Selain diantara zona merah dan zona orange, ada beberapa kecamatan yang saat ini berada di zona kuning. Kecamatan tersebut yakni Campakamulya, Cidaun, Cijati, Cikalongkulon, Leles, Mande dan Sindangbarang.

Juru Bicara Pusat Informasi Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, penentuan zona tersebut berdasarkan indikator.

“Ada lima indikator yaitu jumlah kumulatif kasus positif, positif red, laju konfirmasi, laju kesembuhan dan laju kematian,” ujarnya.

Namun, perubahan kondisi atau penentuan zona tersebut sewaktu-waktu bisa berubah. Pasalnya, setiap minggu data tersebut di-update dan data sesuai yang ada di lapangan.

“Ini data real, jadi setiap minggu langsung update. Kenapa bisa berubah? Karena kondisinya dinamis, bisa saja yang merah jadi kuning atau hijau,” paparnya.

Akan tetapi, kondisi tersebut dikembalikan kepada penanganan Satgas Covid-19 yang ada di setiap kecamatan tersebut dengan menekan angka kasus baru dan sumbernya dari masyarakat yang harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Minimal 3M nya dulu diterapkan, sumbernya itu kan masyarakat. Jika sumbernya bisa kita kendalikan dan atur, maka insya allah semua kecamatan bisa dalam kondisi zona hijau,” terangnya.

Meskipun nantinya Kabupaten Cianjur sudah kembali dalam zona hijau, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan ketat agar kasus baru tidak kembali bermunculan. (kim)