Dugaan Kasus BLT DD di Cianjur, DPMD: Silahkan Proses Sesuai Hukum

Kepala DMPD Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial

RADARCIANJUR.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Cianjur, Ahmad Danial memberikan tanggapannya soal dugaan pemotongan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) yang dilakukan oknum pemerintah Desa Parakan Tugu, Kecamatan Cijati, kabupaten Cianjur, beberapa waktu lalu.

Dirinya mengaku, telah menginstruksikan ke Camat setempat untuk melaksanakan pembinaan serta klarifikasi kebenaran dugaan kasus yang telah dilaporkan ke Polres Cianjur itu.

“Kami telah instruksikan ke pak Camat supaya bisa segera mengklarifikasi kebenarannya. Meski info yang kami dapat, katanya dugaan tersebut tidak benar,” ujarnya kepada radarcianjur.com, saat ditemui di Kecamatan Cipanas belum lama ini.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa telah memanggil Camat di wilayah tersebut supaya segera memberikan klarifikasi, jika memang tuduhan itu tidak benar. Namun di sisi lain, ketika dugaan kasus itu sudah terlanjur masuk ranah hukum, DPMD hanya bisa menunggu keputusan dari Aparat Penegak Hukum (APH).

“Kalau sudah dilaporkan ke Polres, mungkin tahapan tersebut silakan aja diproses sesuai aturan dan undang-undang,” kata dia.

Termasuk, kata Danial, pihaknya juga telah sering memberikan imbauan ke seluruh pemerintah desa berdasarkan surat Bupati bahwa perilaku seperti demikian, tidak boleh dilakukan.

“Jangan sampai ada potongan apapun, apalagi kaitannya dengan bantuan sosial khususnya BLT DD dengan alasan apapun itu tidak boleh,” tegasnya.

Selain itu, DPMD juga mempersilahkan kepada masyarakat, ketika misalkan nanti ada sesuatu hal yang tidak sesuai dengan aturan atau menyimpang dari kaidah hukum, silakan laporkan.

“Semua juga boleh melaksanakan sosial kontrol. Kita juga tidak akan tahu kalau misalnya enggak ada laporan dari masyarakat, ketika terjadi penyimpanan di lapangan,” pungkasnya. (dan)