Kapolres Cianjur Kembangkan Program Jaga Ketahanan Pangan Pesantren

Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai

RADARCIANJUR.com – Ditengah pandemi Covid-19 di Kabupaten Cianjur, Polres Cianjur berencana membuat sebuah program untuk mendorong pesantren agar mampu menjaga ketahanan pangan. Program tersebut diberi nama Pesantren Tangguh Lodaya.

Kapolres Cianjur AKBP Mochammad Rifa’i mengatakan program pesantren tersebut akan ditekankan kepada kemandirian dalam memanfaat lahan untuk ditanami sayuran atau tumbuhan yang potensial.

“Nanti kita arahkan bagaimana memanfaatkan lahan pesantren untuk ditanami sayuran atau tumbuhan yang ada nilai jualnya, agar pesantren itu mempunyai pendapatan di tengah Pendemi Covid 19, ” katanya kepada Radar Cianjur Sabtu (13/2/2021).

Kapolres menambahkan nantinya Pesantren yang sudah siap akan mendapatkan berupa benih sayuran dan hewan ternak.

“Tidak hanya kita berikan benih sayuran. Kita berikan juga hewan ternak seperti kambing, sapi dan lainnya, “ujar Kapolres.

lanjutnya tercatat baru ada lima pesantren di Kabupaten Cianjur yang sudah menjalankan program tersebut di dua Kecamatan

“Sampai saat ini baru ada lima pesantren di dua kecamatan, Sukaresmi sama cugenang, “terangnya.

Dalam mengembangkan program tersebut pihaknya akan bekerjasama sama dengan Pemkab agar berjalan di seluruh Kecamatan di Kabupaten Cianjur.

“ Untuk pengembangan program ini kami sudah bekerja sama dengan Pemkab, nantinya untuk pembimbing diserahkan kepada tiap Polsek masing-masing agar lebih terkoordinir,” ungkapnya. (cr1)