Wagub Uu Dukung Pengembangan Agrowisata di Jabar

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri acara "Bhakti Sosial Petani Kawasan Sukabumi Utara dan Peninjauan Kawasan Wisata Baru" di Area Pemukiman Karyawan PTPN VIII, Desa Perbawati, Sukabumi, Minggu (14/2/2021). Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa barat terus berupaya mendorong sektor pertanian di seluruh kota dan kabupaten yang ada di Jabar, termasuk Cianjur dan Sukabumi.

Hal tersebut guna meningkatkan kesejahteraan para petani. Apalagi, sektor pertanian menyokong kebutuhan dasar manusia yaitu pangan, termasuk di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“(Kabupaten) Cianjur dan Sukabumi potensi pertanian dan pariwisatanya luar biasa. Diharapkan ada inovasi untuk kemajuan kedepan,” ucap Kang Uu begitu ia akrab disapa dalam rilis yang diterima radarcianjur.com.

Menurut Kang Uu, pendapatan petani saat ini ikut terdampak. Meski pertanian termasuk salah satu sektor yang tangguh di masa pandemi COVID-19.

“Salah satu yang diharapkan saat menghadiri acara “Bhakti Sosial Petani Kawasan Sukabumi Utara dan Peninjauan Kawasan Wisata Baru” di Area Pemukiman Karyawan PTPN VIII, Desa Perbawati, Sukabumi kemarin itu adalah bentuk perhatian terhadap petani. Sektor pertanian jangan diabaikan karena berkaitan kebutuhan manusia,” kata dia.

Ia menambahkan, di era digital saat ini, pertanian tidak serta-merta ditinggalkan. Pemda Provinsi Jabar pun terus melahirkan berbagai inovasi dan program unggulan pertanian, termasuk petani milenial, agar semangat bertani tetap ada.

“Pak Gubernur ‘ngabret’ (ngebut) dalam pembangunan, maka kita harus ada inovasi. Kalau begitu- begitu saja hasilnya juga akan biasa saja,” ucap Kang Uu.

“Terpenting ada gairah petani untuk semangat bertani. Semoga kegiatan kali ini bisa meningkatkan semangat petani,” tuturnya.

Lebih lanjut, Kang Uu juga berujar, bahwa tanah lahan mati bisa dimanfaatkan untuk pertanian.

“Tentu harus (bisa dimanfaatkan) tanpa merusak lingkungan,” pesannya. (dan)