KTH Gunung Sungging-HWC Bersama Milenial Tanam 3.000 Bibit Kopi

Kelompok Tani Gunung Sumbing di Kampung Mekarsari Rt4 Rw3 Desa Gunungsari Kecamatan Sukanagara melakukan penanaman 3.000 bibit kopi bersama dengan anak milenial dan Himpunan Wargi Cianjur (HWC)

RADARCIANJUR.com- Kelompok Tani Gunung Sumbing di Kampung Mekarsari Rt4 Rw3 Desa Gunungsari Kecamatan Sukanagara melakukan penanaman 3.000 bibit kopi bersama dengan anak milenial dan Himpunan Wargi Cianjur (HWC). Kegiatan tersebut bukan sekedar seremonial semata, namun bertujuan mengajarkan generasi penerus untuk bangga menjadi tani milenial.

Sehingga, roda perekonomian dari segi pertanian tetap hidup dan dengan bertani bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup besar.

Ketua Kelompok Tani Kopi Gunung Sumbing, Ayi Kahfi mengatakan, tujuan dengan penanaman tersebut yakni selain mengajarkan milenial menjadi tani unggul, namun menghadirkan mata air dan bukan air mata.

“Maksud menghadirkan mata air sudah barang tentu dengan menanam kita akan memiliki penampung air alami. Sementara air mata, jika kita menjaga alam, tentu alam pun akan menjaga kita sehingga tidak terjadi bencana,” ujarnya.

Di sisi lain, ilmu yang didapat para peserta adalah mengajarkan pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM). Dengan adanya hutan, masyarakat bisa mendapatkan makanan dari hutan. Hutan yang menjadi sumber makanan pun tentunya akan dirawat dan dijaga dengan baik oleh masyarakat.

“Disinilah timbul simbiosis mutualisme, hutan yang dijaga memberikan sumber makanan dan manusia merawatnya hingga terus menurun ke anak cucu kelak,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua HWC, Raden Sulaeman mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi atas antusias anak-anak milenial yang turut melakukan penanaman dan melestarikan alam sekitarnya.

“Saya apresiasi generasi muda ini, tentu patut menjadi contoh bagi kita semua. Sehingga alam terap terjaga,” jelasnya. (kim)