Desa Nagrak Cianjur Punya Taman Baca

Taman Baca yang di bangun oleh Pemerintah Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur. Bayu Nurmuslim /Radar Cianjur.

RADARCIANJUR.com – Berawal dari kejelian memanfaatkan lahan yang tak beraturan Pemerintah Desa Nagrak Kecamatan Cianjur membangun taman baca. Taman dengan luas 50×50 meter tersebut persis di bangun di depan kantor Desa Nagrak.

Tujuan dari pembangunan taman baca tersebut agar masyarakat Desa Nagrak lebih gemar membaca sehingga mempunyai pengetahuan yang lebih luas .

“Selain buku untuk anak-anak, kami juga mengadakan buku- buku tentang peternakan, perikanan, perkebunan kegamaan, politik , olahan makanan dan masih banyak lagi ” katanya.

Kepala Desa Nagrak Hendi Saepul Maladi mengatakan pembangunan taman baca tersebut juga berawal dari melihat warga yang jenuh menunggu ketika ada keperluan administrasi ke desa.

“Adanya taman baca itu bisa juga menjadi tempat istirahat sambil menunggu antrian bila warga ada keperluan untuk urus-urus segala macam ke desa. Kan bisa tuh sambil baca biar gak jenuh, ” kata Hendi kepada Radar Cianjur Kamis (18/02/2021).

Kades menambahkan siapapun boleh datang untuk membaca di taman tersebut. Akan tetapi buku tersebut tidak boleh dibawa pulang.

” Yah silahkan siapa yang mau datang ke sini untuk membaca, mau itu remaja, anak-anak orangtua sekalipun yang penting ada kemauan pasti nambah wawasan, ” terangnya.

Sambungnya kades berharap kepada masyarakat ataupun instansi terkait agar sedikit membantu Desa Nagrak dengan menyumbangkan buku apapun agar menambah lagi koleksi bukunya.

” Kalau ada instansi terkait atau masyarakat yang mau menyumbangkan bukunya silahkan kita tampung. Asalkan buku tersebut tentang ilmu pengetahuan yang bermanfaat, ” ujarnya.

Dengan hadirnya taman bacaan tersebut dapat menjadikan Desa Nagrak menjadi Desa Maju.

“Untuk sekarang Desa Nagrak itu Desa Maju, mudah-mudahan dengan adanya taman baca ini bisa menjadi Desa Mandiri,” pungkasnya . (cr1)